AMBON, Siwalimanews – Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku siap mengamankan perairan Maluku.

Kesiapan ini untuk menunjang pelaksanaan Operasi Ketupat Salawaku 2022, dengan melakukan patroli laut untuk mengamankan pelaksanaan arus mudik maupun arus balik masyarakat, sehingga ajang silaturahmi dengan keluarga di Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijryah tahun ini berlangsung aman dan lancar.

“Polairud siap melakukan pengamanan arus mudik maupun arus balik lebaran,” ucap Direktur Polairud Polda Maluku Kombes Harun Rosyid, kepada wartawan, di Ambon, Sabtu (30/4).

Ia mengaku, dukungan Operasi Ketupat Salawaku akan dilakukan Ditpolairud Polda Maluku selama 12 hari ke depan, yang dimulai Kamis (28/4) sampai dengan Senin (9/5) mendatang.

Secara umum, Polairud Polda Maluku, melakukan pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran serta pengamanan objek wisata bahari.

Baca Juga: DPRD Ingatkan Dishub Pastikan Keselamatan Pemudik

“Kami melibatkan 127 personel Ditpolairud serta 47 personel Satpolairud Polres jajaran Polda Maluku yang ditempatkan pada pos pengamanan di pelabuhan umum dan pelabuhan rakyat serta objek wisata bahari,” urainya.

Selain melibatkan personel untuk mengamankan pelabuhan dan objek wisata bahari, Ditpolairud Polda Maluku juga menyiapkan tim siaga SAR.

“Kami juga menyiapkan tim percepatan pertolongan korban kecelakaan di laut. Kami mengoperasikan 13 kapal patroli ditambah 5 unit rubber boat serta 1 unit kapal tipe-B dari Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri yang tersebar dihampir seluruh kabupaten/kota di wilayah hukum Polda Maluku,” pungkasnya. (S-10)