PENCANANGAN HUT Kota Ambon ke-448 Tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Mardeka Ambon, Sabtu (12/8), berlangsung meriah.

Pencanangan tersebut diawali dengan jalan santai di pusat kota, serta senam sehat.

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena dalam sambutannya mengatakan, perayaan HUT Kota Ambon ke 448 tahun, tahun 2023, mengusung tema “Ambon Par Semua”.

Tema ini bukan suatu kebetulan, tetapi didasari atas pemikiran dan pertimbangan terhadap sejarah dan kondisi kota ini di masa lalu dan masa kini, serta upaya untuk membangun kota ini menuju masa depan yang lebih baik.

“Kalau tahun sebelumnya tema ‘Kasih For Ambon’ itu diartikan dengan berikan kontribusi, baik itu dalam bentuk pekerjaan, pengabdian kita dan apapun yang kita lakukan supaya kota ini semakin maju, maka setelah kita kasih, maka kota ini menjadi kota milik kita semua, milik kita bersama. Dan oleh karena itu, tema 2023 ini menyampaikan kepada kita semua bahwa, ada sebuah semangat untuk bersama-sama memiliki kota ini, sehingga kita terpanggil berkontribusi untuk membuat kota ini semakin maju,”ujarnya.

Baca Juga: Wattimena Minta Satpol PP Awasi Bangunan Tanpa Ijin

Dengan semangat itu, Walikota mengajak  semua pihak untuk terus memelihara dan menjaga kota ini.

Dirinya mengaku bangga bisa bersama warga kota dalam momen bersejarah ini.

Dia berharap, lewat pencanangan dengan berbagai rangkaikan perlombaan yang telah disusun oleh panitia, bersama-sama pemerintah dan warga kota, berkomitmen untuk mengukir karya dan merefleksikan prestasi dalam membangun kota ini menuju kota yang lebih maju dan moderen.

“Mari kita tingkatkan pelayana kepada masyarakat, berupaya bangun kota ini berkelanjutan, berupaya untuk terus menjaga kondusitivitas. Melalui pencenangan ini, kita turut memeriahkan perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, 17 Agustus nanti,”ujarnya.

Disadari sungguh, bahwa tidak ada yang sempurna, apa yang dilakukan hari ini belum mampu untuk membuat kota ini sesuai harapan, tetapi memang setiap waktu perlu bekerja keras, berusaha supaya kota ini semakin maju.

Oleh karena itu, setiap keber­-hasilan yang dicapai adalah me­-rupakan keberhasilan bersama.

“Hal yang masih kurang dan perlu diperbaiki, itu menjadi tangung jawab kita bersama, supaya Kota Ambon semakin baik. Kepada semua yang hadir terima kasih. Dan kepada seluruh elemen masyarakat Kota Ambon, Forkopimda, TNI/Polri, Pejabat Sipil, Pelaku Usaha,  BMUN BUMD yang selama ini telah mendukung program dan kebijakan  Pemerintah Kota, terutama selama saya memimpin selaku penjabat, terima kasih,”ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara HUT Kota Ambon, Piter Saimima juga mengatakan, terkait dengan persiapan perayaan HUT Kota Ambon ke 448 tepat pada 7 September 2023, ini merupakan agenda tahunan sebagai bentuk rasa syukur dan perenungan bagi seluruh warga masyarakat maupun Pemerintah Kota Ambon.

Dan dalam rangkah mencapai cita-cita para pendiri kota ini, untuk menjadikan Ambon yang maju, aman, nyaman, indah, sehat dan sejahtera, maka tahun ini, tema yang diusung adalah ‘Ambon Par Samua” maknanya adalah menggambarkan  sebuah historis, bahwa sejak dahulu, para leluhur membentuk kota ini, untuk menjadi milik bersama. Ini meruoakan rumah bersama seluruh warga untuk berdiam didalamnya.

“Ambon adalah rumah kita bersama untuk berdiam di dalamnya. Dengan itu, tujuan dari penyelenggaraan perayaan HUT ini, untuk membangun komitmen bersama untuk mensukseskan kegiatan ini,”katanya.

Diketahui, pada pencangan itu, juga dilakukan penarikan door­prise dengan hadiah-hadiah me­-narik. “Ini dilakukan sebagai rasa syukur kita kepada Tuhan serta memperingati sejarah,”ujarnya.

Selain itu, pada momen itu, panitia juga memberikan ruang bagi UMKM untuk menjajakan hasil karya mereka dan juga menggelar pasar murah, dengan sasaran warga kurang mampu.

Dan pada momen jalan santai, juga dibagikan 5.000 bendera merah putih mini dan balon merah putih kepada warga kota.

Pesta Rakyat

Pemkot Ambon melalui Panitia Penyelenggara Perayaan HUT Kota Ambon yang diketuai Pieter Saimima, akan menggelar pesta rakyat pada puncak perayaan HUT Kota Ambon.

Saimima dalam sambutannya saat Pencanangan HUT Kota Ambon mengatakan, perayaan pesta rakyat akan dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon, pada 7 September 2023 malam mendatang.

“Selain syukuran, kita juga akan dihibur dengan konser musik dari artis-artis lokal maupun ibukota,”ujarnya.

Selain itu, berbagai rangkaian kegiatan perlombaan lainnya juga akan digelar menyongsong puncak perayaan HUT Kota Ambon, seperti lomba cipta lagu tema Ambon, lomba tari tradisional, volly antar pelajar, jukulele, olahan pangan lokal dan masih banyak perlombaan lainnya. “Dan pada puncak perayaan HUT Kota Ambon, upacara akan dipimpin Penjabat Walikota dengan konsep adat,” jelasnya. (S-25)