AMBON, Siwalimanews – Rumah diharapkan menjadi contoh pembinaan keluarga mandiri. Rumah Data Kampung Keluarga di Desa Batumiau, Kecamatan Pulau Letty, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), telah terbentuk dan diresmikan oleh Ketua Tim Pengerak PKK, Relly A Noach pada akhir Juli lalu. Rumah ini diharapkan menjadi contoh pembinaan keluarga mandiri.

Relly mengatakan, untuk mengefektifkan program pembinaan keluarga secara terencana dan terpadu, maka keberadaan rumah data menjadi sangat penting agar program yang dilaksanakan dapat  tepat sasaran.

Menurutnya, rumah data yang diresmikan dapat menjadi sumber untuk merancang kegiatan pembinaan keluarga yang tapat sasaran guna meningkatkan kehidupan masyarakat Desa Batumiau.

Rumah Data kependudukan juga merupakan, tempat yang berfungsi sebagai basis data informasi serta pusat intervensi pembangunan ditingkat mikro di desa, oleh sebab itu penting untuk didirikan dimasing-masing kampug KB, rumah data kependudukan yang baik sehingga akan membantu Pemerintah Desa dalam melakukan perencanaan pembangunan masyarakat Desa, tutur  Kepala DPMDPPKB dalam laporannya.

Selain menjadi pembinaan keluarga mandiri, juga terintegrasi melalui upaya-upaya peningkatan SDM, seperti pembinaan pada kader-kader pokja posyandu, kader pokja kampung KB.

Baca Juga: Kapolda Maluku Puji Kinerja KPU MBD

Pembinaan juga harus lebih fokus pada kaum perempuan/ibu-ibu yang memegang peranan penting dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera dan berkualitas.

“‘Saya berharap, program-program pembinaan keluarga harus berfokus pada upaya kita mengatasi masalah stunting yang saat ini menjadi prioritas nasional,” katanya.

Ia juga berharap, peningkatan pemahaman masyarakat dalam pentingnya 1000 hari kehidupan pertama kehidupan anak perlu terus dioptimalkan, sehingga peningkatan asupan gizi, remaja produktif, ibu hamil dan balita harus menjadi fokus pembinaan. Peningkatan asupan gizi dapat dimanfaatkan dari sumber pangan lokal.

“Saya diberbagai kesempatan terus mendorong masyarakat kita untuk mencintai dan mengkonsumsi, pangan lokal kita yang kaya akan protein dan kandungan gizi yang tinggi,” kata Ina Parenting Kabupaten MBD.

Relly juga berharap, partisipasi seluruh masyarakat Desa Batumiau dalam mendukung rumah data dengan memberikan data yang valid kepada perangkat Desa, agar dapat menggunakan data tersebut guna merencanakan program pembangunan yang tepat untuk dibiayai dengan dana Desa maupun untuk diusulkan kepada pemangku kepentingan di Kabupaten MBD.

Lebih jauh katanya, program pembangunan keluarga juga mencakup pembinaan keluarga lansia, karena lansia juga harus bahagia.

“Kebahagiaan itu tidak dapat diukur dengan ukuran apapun, karena bahagia itu ada dalam hati kita, hidup yang bahagia itu adalah hidup saling mengasihi sebagai satu keluarga sampai kita tua nanti. Saling menghormati antara suami istri, orang tua dan anak dan sesama anggota keluarga.

Untuk diketahui, kunjungan isteri Bupati MBD didampingi Asisten Bidang Administrasi Umum, J. Titirloloby. SH dan Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB, Eduard J.S. Davidz, ST, M.Eng.

Turut hadir dalam kunjungan ini Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Kominfo, Sekretaris BKAD, Kabag. Protokoler Kab. MBD dan Angotta TP. PKK Kabupaten MBD. (S-19)