AMBON, Siwalimanews – Komisi IV DPRD Pro­vinsi Maluku menya­yangkan potensi pe­ningkatan pendapatan asli daerah yang disia-siakan oleh Pemerintah Provinsi.

Salah satu potensi yang jika dikelola dengan baik dapat menambah pen­dapatan asli daerah disamping sumber pen­dapatan lainnya yaitu, keberadaan Balai Kesehatan dan Kali­brasi Provinsi Maluku.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Rovik Akbar Afifuddin kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang Ambon, Kamis (13/7) mengatakan, Balai Kesehatan dan Kalibrasi  selama ini tidak disentuh pemerintah daerah.

Padahal, jika Balkes Maluku dimanfaatkan untuk kebutuhan medical check up seluruh pejabat dan masyarakat akan sangat berdampak pada peningkatan PAD Maluku apalagi Balkes memiliki fasilitas yang mumpuni.

“Kalau kita mau memperhatikan Balkes dan mendorong agar Balkes memenuhi syarat sesuai dengan standar ISO, maka itu baik dan menjadi sumber PAD,” ujar Rovik.

Baca Juga: Komisi III Cium Aroma Korupsi Rehab Mess Maluku, Dorong Bentuk Pansus

Menurutnya, selama ini baik elit maupun masyarakat sering menggunakan klinik swasta untuk melakukan check up dengan biaya yang cukup besar yang sulit dijangkau oleh masyarakat kecil.

Jika pemerintah mendorong peme­nu­han kebutuhan fasilitas di Balkes Maluku, maka akan sangat membantu masyarakat yang hendak melakukan check up tanpa harus ke luar daerah.

Lagi pula hasil pemeriksaan kese­hatan pada klinik Prodia dengan Balkes tidak memiliki perbedaan hanya saja Prodia terkenal dengan branding-nya, sehingga masyarakat terpukau dan memilih menggunakan jasa prodia dengan biaya yang cukup besar.

“Selama ini kita ketahui ada beberapa swasta yang sebenarnya kuat dari branding-nya saja, faktanya hasilnya dibawah ke luar Ambon untuk diperiksa dengan biaya yang cukup besar,” ucap Rovik.

Komisi IV kata Rovik telah meminta agar Balkes memberikan informasi terkait dengan  kebutuhan baik fasilitas maupun peningkatan kualitas sumber daya manusianya, dalam rangka mendorong Balai Kesehatan dan Kalibrasi.

Rovik pun mendorong masya­rakat untuk memanfaatkan Balai Kesehatan dan Kalibrasi sebagai tempat medical check up dengan harga yang terjangkau.(S-20)