AMBON, Siwalimanews – Naskah Hibah Perjanjian Dae­rah (NPHD) anggaran Pilkada serentak 2024 segera diteken oleh Pemerintah Provinsi Maluku.

Kepala Badan Kesbangpol Ma­luku Daniel Indey kepada wartawan di kantor Gubernur, Rabu (15/11) menyebut pihaknya telah menye­lesaikan pembahasan anggaran pilkada antara pemprov, pemkab/pemkot dengan KPU-Bawaslu soal besaran anggaran yang akan dihibahkan.

Bahkan Pemerintah Daerah telah menyepakati besaran anggaran yang nantinya dituangkan dalam Nas­kah Hibah Perjanjian Daerah yang akan ditandatangani dalam waktu dekat. “Untuk NPHD angga­ran penun­jang pilkada telah sele­sai dibahas, jadi tinggal tunggu waktu saja ditandatangani karena Ketua KPU lagi di Jakarta dan Pak gubernur ada di Banda, tapi prinsipnya sudah clear,” ujar Indey.

Indey mengungkapkan nilai NPHD yang telah disepakati yakni Rp.85.304.000.082 untuk Bawaslu Maluku dan Rp.152.405.869.150 di­alo­kasikan bagi KPU Maluku.

Terkait dengan pencairan ang­garan di tahun 2023, Indey me­ne­gas­kan sesuai dengan edaran Ke­mendagri maka Pemprov Maluku akan mencairkan anggaran sebe­sar 40 persen sedangkan sisanya 60 per­sen akan dicairkan pada tahun 2024.

Baca Juga: GMNI SBT Dipimpin Sofyan Keliobas

Ditanya terkait anggaran keamanan, Indey menjelaskan jika Pemprov telah mengalokasikan anggaran kepada TNI dan Polri dengan nilai anggaran yang variatif.

“Anggaran keamanan sudah diusulkan, saya lupa angka pastinya tapi nominalnya variatif baik Polri dan TNI,” jelasnya. (S-20)