AMBON, Siwalimanews – Menjelang Pemilu 2024, Kepolisian Daerah Maluku melalui Satgas Preemtif Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku, gencar melakukan sosialisasi terkait kondisi keamanan dan ketertiban dalam masyarakat

Warga diajak bersama polisi menjaga keamanan dan ketertiban yang kondusif di Kota Ambon.

Sejumlah wilayah di Ambon dikunjungi aparat Polda Maluku, di antaranya di kawasan Pangkalan Ojek Wisma Gem Kelurahan Batu Meja.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat mengatakan, tim satgas OMB gencar dikerahkan untuk mengajak masyarakat agar dapat menghindari penyebaran berita hoax terkait isu SARA, maupun politik identitas.

“Warga juga diingatkan untuk tidak saling adu domba. Berbeda pilihan hendaknya disikapi dengan bijak, karena siapapun calonnya, apapun partainya, kita tetap harus menjaga situasi kamtibmas yang kondusif,” jelas Ohoirat kepada wartawan Kamis (25/1).

Baca Juga: Dewan Sebut DSA Perusahaan Asing

Tahapan Pemilu 2024 yang sedang dijalani saat ini, lanjutnya, telah sampai pada tahap kampanye. Masyarakat diminta melaksanakan kampanye secara tertib dan damai.

Warga juga diminta agar dapat mematuhi aturan-aturan terkait kampanye yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara.

“Masyarakat juga diingatkan agar tidak terprovokasi, hindari politik identitas, politisasi agama, dan polarisasi mayarakat,” pintanya.

Warga yang ditemui aparat secara langsung juga diingatkan untuk tidak mengkonsumsi minuman keras (miras), karena dapat berdampak terjadinya gangguan kamtibmas.

“Warga diajak untuk bijak dalam bermedia sosial (hoax, hate speech, provokasi dan penyesatan masya­rakat). Jangan melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain atau perbuatan melawan atau melanggar aturan hukum,” harapnya.

Selain itu, masyarakat juga diingatkan untuk bisa menggunakan hak pilihnya yang dijamin oleh negara secara bertanggung jawab.

“Walaupun berbeda pilihan tapi mari tetap hidup dengan semangat persaudaraan dalam bingkai basudara manise,” katanya. (S-10)