AMBON, Siwalimanews – Mensukseskan imunisasi nasional, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) mencanangkan bulan imunisasi anak yang ditandai dengan penyuntikan imunisasi campak kepada 58 siswa SD Negeri Wakarleli, Rabu (25/5).

Pencanangan bulan imunisasi anak nasional merupakan program Kementerian Kesehatan tersebut dilakukan oleh Sekda MBD Alfons Siamiloy yang dihadiri oleh sejumlah perangkat OPD maupun perwakilan TNI Polri.

“Ini untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun signifikan akibat pandemi Covid-19 yang melanda selama 2 tahun terakhir,” kata sekda.

Menurutnya bulan imunisasi adalah pemberian imunisasi tambahan campak-rubela yang diberikan untuk anak umur 9 bulan sampai 12 tahun serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT HB-Hib yang terlewat bagi anak umur 12 bulan sampai 59 bulan.

“Program yang dicanangkan oleh Kemenkes ini mengamanatkan pemerintah daerah untuk segera mengambil langkah-langkah prefentif untuk melindungi anak-anak bangsa sebagai generasi muda dan penerus dari penyakit polio, rubela dan lain-lain,” jelasnya.

Baca Juga: Penempatan Mantan Danyonif 733 Jangan Diperdebatkan

Lanjutnya program ini merupakan tanggung jawab semua pihak baik forkompimda, OPD, para camat, kepala desa maupun masyarakat.

“Banyak ditemui di lapangan bahwa ada sebagian masyarakat terutama ibu-ibu hamil yang tidak pernah ke posyandu untuk mendapatkan imunisasi yang berdampak juga pada anak-anak yang secara langsung tidak mendapatkan imunisasi,” ungkapnya.

Untuk itu selaku aparatur pemerintahan patut berperan dan bertanggung jawab untuk memberikan pemahaman dan dorongan kepada masyarakat sampai ke dusun-dusun.

Dengan pencanangan ini kita akan mendapatkan generasi penerus yang sehat, cerdas dan tangguh terhadap berbagai penyakit,” harapnya. (S-09)