AMBON, Siwalimanews – Menjelang Dies Natalis ke-52, Fakultas Teknik Universitas Pattimura mengelar seminar nasional dengan tema “Konsep dan Strategi Pembangunan Industri Maritim di Kawasan Timur Indonesia”.

Seminar yang berlangsung Rabu (25/5) secara hybrid ini menghadirkan Deputi I Kantor Presiden Febry Calvin Tetelepta sebagai Keynote Speaker dan gubenur yang diwakili oleh Kepala Bapedda Maluku, Anton Lailossa.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Fredy Leiwakabessy mengatakan, konsep kemaritiman di kawasan Timur Indonesia ini adalah sebuah hal yang sangat penting untuk dilihat bersama dan fakultas teknik memiliki peran yang sangat strategis.

Katanya, fakultas teknik memiliki sumber daya manusia yang berkompeten dimana para lulusan ada yang telah memiliki industri kapal sendiri, mulai dari industri kapal kecil sampai industri kapal besar dan output lulusan juga telah bekerja diberbagai industri perkapalan yang ada di Indonesia.

“Unpatti  memiliki kepentingan untuk melihat bagaimana kebutuhan rentan kendali kawasan Timur Indonesia, terutama di Maluku,” katanya.

Baca Juga: Bupati SBT Buka Sampul Ujian

Dikatakan, konsep tol laut merupakan gagasan besar dari salah satu guru besar unpatti, ini menunjukan bahwa SDM Unpatti tidak bisa di ragukan.

Ia juga berharap dengan seminar ini dapat menghasilkan rekomendasi yang berarti sehingga Fatek dan Unpatti menjadi pioneer yang berbasis pola ilmiah pokok dan berorientasi pada bina mulia kelautan yaitu, mengutamakan gugus pulau-laut sebagai fokus pengembangan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk diketahui seminar yang diikuti oleh para pendidik dan kependidikan serta para mahasiwa dibagi dalam dua sesi, sesi pertama diberikan kesempatan kepada kedua keynote speaker yaitu Deputi I Kantor Presiden Febry Calvin Tetelepta dengan materi Strategi Pengembangan SDA dan penyiapan infrastruktur maritim di kawasan Timur Indonesia dan Kepala Bapedda Maluku Anton Lailossa dengan materi arah dan kebijakan pembanguanan bidang maritim di Maluku.

Sesi kedua menghadirkan lima pemateri yaitu, Dekan Fakultas Teknik Unpatti, pembangunan SDM teknik dalam mendukung imple­mentasi PMD tol laut IKN, BM dan LIN, Kepala Bapedda Kepulauan Tanimbar Utha Kabalmay dengan materi kesiapan KKT menghadapi era Blok Masela, Ketua DPRD KKT Jaflaun Batlayeri dengan mareri optimalisasi peran DPRD,  General Manager PT. Pelindo IV Cabang Ambon dengan materi mana­gemen terminal cargo dalam mendukung rantai pasok logistik bagi industri maritim di Maluku dan Alfred Betaubun selaku Direktur PT.Pasifik Dok Maluku dengan materi prospek indusrti perkapalan di Maluku. (S-05)