AMBON, Siwalimanews – Kepolisian Daerah Maluku akan melaksanakan Operasi Me­rah Putih Siwalima. Operasi ini bertujuan untuk menangkal dan menindak tegas kelompok-kelompok berpaham radikalis­me dan separatisme di Maluku.

Kepala Biro Operasional Pol­da Maluku Kombes Pol.Wantry Julianto, mengatakan, Operasi Me­rah Putih Siwalima ini akan dilakukan dengan mengguna­kan pola pendekatan preemtif dan preventif.

Dikatakan, penegakan hukum akan dilakukan sebagai upaya terakhir dalam mengantisipasi para kelompok seperti simpati­san RMS. Julianto menegaskan, se­jumlah daerah yang dianggap ra­wan yaitu Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Maluku Tengah.

“Agar operasi nanti berjalan lan­car, diharapkan semua komponen di Polda Maluku dapat bersinergi dalam menjalankan fungsinya,” ungkap Wantry dalam Latihan Pra Operasi Merah Putih Siwalima di Aula Command Center Polda Maluku Rabu (21/4).

Ia berpesan kepada personil In­telkam agar dapat melakukan de­teksi dini terhadap semua potensi gangguan yang akan terjadi se­belum dan setelah HUT RMS.

Baca Juga: 20 Karaoke Keluarga Minta Segera Beroperasi

Personil Sabhara, lanjut Julianto, agar melaksanakan patroli pada tempat-tempat yang dianggap rawan dari aktivitas kelompok RMS. Sehingga bisa meminimalisir niat dan kesempatan agar terciptanya situasi yang kondusif.

“Fungsi Binmas agar selalu memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat bahwa keamanan itu sangat penting untuk menjaga keutuhan Bangsa dan Negara,” pintanya.

Wantry juga meminta personil Reskrimum agar dapat memberi­kan penegakan hukum terhadap kasus-kasus yang terjadi terutama yang berkaitan dengan kegiatan kelompok RMS. “Fungsi Brimob agar melakukan sterilisasi terha­dap area yang dianggap rawan oleh simpatisan RMS,” pintanya.

Perwira menengah dengan pangkat tiga melati di pundaknya ini, mengajak seluruh lapisan masyarakat di Maluku, agar dapat membantu kepolisian untuk secara bersama menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kami mengajak masyarakat untuk bersama ciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif agar pem­bangunan negeri yang dilak­sanakan pemerintah dapat berjalan lancar, tidak ada hambatan dan mas­yarakat dapat beraktivitas dengan aman dan lancar,” ujar Julianto.

Untuk diketahui, dalam kegiatan latihan Pra Operasi Merah Putih Siwalima 2021, Karo Ops Polda Maluku didampingi Direktur Sa­mapta Kombes Pol.Agus Pudjianto. Kegiatan itu diikuti 50 personil Polda Maluku dari Satker Brimob, Dit Samapta, Dit Polairud, Bid Dokes, Dit Pam Obvit, Bid Humas, Bid Propam, dan Bid Tik. (S-32)