AMBON, Siwalimanews –  DPRD Provinsi Maluku minta pemerintah provinsi untuk mengoptimalkan peran dan fungsi Perusahaan Daerah Panca Karya, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Permintaan ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Maluku, Asis Sangkala saat memimpin Paripurna DPRD dalam rangka penetapan Ranperda Penyertaan Modal Daerah kepada PD Panca Karya, Jumat (17/2)

Menurut Sangkala, keberadaan PD Panca Karya harus dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan dalam upaya besar guna mengentaskan kemiskinan di daerah ini.

“Dengan adanya penyertaan modal, maka PD Panca Karya harus dapat berfungsi untuk bersama-sama selesaikan berbagai permasalahan ekonomi yang ada di tengah-tengah masyarakat,” pinta Sangkala.

Ditempat terpisah, Ketua Badan Pembentukan Perda Provinsi Maluku Edison Sarimanella menegaskan, PD Panca Karya sebelum meminta tambahan anggaran dari pemprov sebesar Rp37 miliar didahului dengan pencairan Rp34 miliar.

Baca Juga: Peringati HUT Pomal, Lantamal IX Gelar Apel Khusus

“Total anggaran yang diminta itu, Rp37 miliar dan sisa Rp3 miliar dan membutuhkan perda untuk mengambil, sebab tanpa perda tidak mungkin dapat dicairkan,” ucap Sarimanella.

Menurutnya, permintaan tambahan modal tersebut diperuntukkan bagi operasional armada yang dimiliki oleh Panca Karya. Untu itu diharapkan dengan adanya tambahan modal tersebut, maka PD Panca Karya dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan baik, sehingga dapat mendatangkan pendapatan bagi daerah.(S-20)