AMBON, Siwalima – Pemkot Ambon terus berupaya untuk meningkatkan SDM ASN maupun masyarakat, salah satunya lewat kegiatan manajemen talenta nasional (MTN) yang merupakan program dari pemerintah pusat.

“Pembangunan SDM telah menjadi fokus pemerintah dalam pembangunan nasional 2020-2024, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 18 tahun 2020, tentang RPJM Nasional tahun 2020-2024,” ujar Walikota Ambon Richard Louhenapessy saat sosialisasi program MTN di Marina Hotel, Kamis (29/4).

Menurutnya, bagi ASN akan diatur secara khusus sesuai Kemenpan-RB. Sementara diluar itu, dalam bentuk program-program oleh stakeholder lain dengan berpedoman pada strategi pembinaan SDM pemerintah.

“Untuk menghadapi persaingan global dengan peningkatan SDM, maka program MTN harus digalang. Karena program dimaksud, berkaitan erat dengan bagaimana mempersiapkan SDM secara produktif dan berkualitas,” ucap Walikota.

Dijelaskan, 10 tahun kedepan Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Pasalnya, dengan penduduk Indonesia kurang lebih 183 juta jiwa, 64 persen adalah potensi talenta produktif.

Baca Juga: CEO Maluku FC Silahturahmi dengan Danrem 151 Binaiya

Apabila program ini berjalan baik, maka akan menjadi kekuatan besar bagi bangsa ini. Namun jika tidak, akan menjadi beban sosial yang begitu besar, namun dampak buruk dari program itu sudah diatasi pemerintah.

Selain itu, untuk mensosialisasikan program ini, Pemkot menghadirkan komisioner KASN dan Asisten Komisioner KASN untuk berbagi informasi terkait implementasi program ini.

“Dengan pengelolaan talenta nasional yang lebih baik, memungkinkan tumbuh berkembang dan berlanjutnya kontribusi talenta nasional bagi pembangunan,” pungkasnya. (S-51)