AMBON, Siwalimanews –

Hari pertama pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM), ternyata belum efektif bagi para pedagang di pasar.

Pantauan Siwalimanews di Pasar Mardika dan Batu Merah, Senin (8/6), sekitar pukul 17.30 WIT, terlihat para pedagang tetap malaksanakan aktivitasnya, sekalipun dalam Perwali Nomor 16 Tahun 2020, disebutkan waktu operasional pasar rakyat dari 05.30 WIT sampai dengan Pukul 16.00 WIT.

Selian itu para pedagang juga ada yang tidak menggunakan masker, disamping aturan jaga jarak antara pedagang juga tak diberlakukan.

An salah satu pedagang sayur yang ditemui Siwalimanews di lapak miliknya mengakui kalau hari ini mulai diberlakukan PKM, namun lantaran sampai dengan waktu penutupan pasar tak ada petugas yang datang untuk mengontrol aktivitas pasar, maka mereka tetap berjualan.

Baca Juga: Jasa Raharja Santuni Keluarga Metekohy

“Mungkin saja PKM buat hari ini lewat Perwali baru diberlakukan esok kapa sebab tak ada petugas yang datang kontrol” ungkap An.

Ahmad pedagang ikan di Pasar Arumabae juga mengungkapkan, memang PKM sudah mulai diberlakukan hari ini, namun banyak pedagang di Pasar Arumbae belum mendapatakan kartu ganjil- genap, sehingga petugas belum lakukan pengontrolan di terhadap aktivitas jual beli di pasar.

“Katanya di Pasar Arumbae belum dapat kartu jadi jadi belum bisa biking akang PKM itu di pasar,” ujar Ahmad.

Ditempat yang sama Mama Ati (40) pedagang ikan lainnya menuturkan, aturan jam tutup pasar sesuai Perwali itu jam 4 sore, namun para pedagang menunggu arahan dari petugas dulum baru bisa bergerak untuk lakukan penutupan lapak-lapak jualan

“Memang tutup pasar jam 4, tapi lihat saja sampe jam bagini belum tutup, makanya katong jua binggung,” tuturnya.

Susana Pedagang ikan lainnya memaparkan, pihak Disperindag memang sudah memberikan kartu ganjil bagi dirinya, namun hari ini semua pedagang baik pemegang kartu ganjil atau genap semuanya masih berjualan bersamaan.

“Sebenarya mana yang benar, kalau sudah diberikan kartu, petugas juga harus datang kontrol supaya PKM juga bisa berjalan dengan baik, kalau ada pedagang yang jualan di waktu yang tidak sesuai dengan kartu harus ditegur,” cetusnya. (Mg-5)