AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon terus melakukan pembenahan dan perbaikan pelayanan publik, salah satunya lewat media digital.

Salah satu media yang sudah dikembangkan saat ini sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional, layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat.

Sekretaris Dinas Kominfosandi, Ronald Lekransy mengaku Dinas Kominfosandi telah memperluas program SP4N-Lapor, termasuk Omnichannel yaitu sistem yang mengkolaborasikan berbagai jenis saluran komunikasi dalam satu platform.

“Dalam bimtek yang kita gelar secara daring diharapkan pejabat penghubung dan admin Lapor serta Omnichannel memahami pengelolaan pengaduan,” ujarnya dalam rilis yang diterima Siwalima, Selasa (11/7).

Bimtek ini juga lanjutnya, bertujuan agar peserta dapat mengoptimalisasikan pelayanan publik lewat media digital yang disediakan pemerintah pusat maupun ke daerah, termasuk di Pemkot Ambon.

Baca Juga: Baru Diterima, Bupati Ancam 109 PPPK Kesehatan

Untuk itu ia berharap masing-masing OPD dapat memiliki website masing-masing guna meng-include widget live chat.

Dengan itu mohon partisipasi OPD menginput pengaduan masyarakat ke aplikasi SP4N-Lapor dan OPD dapat menyiapkan laporan before-after dari setiap pengaduan sebagai bukti tindak lanjut.

“Semua ini butuh control dan pengawasan yang aktif dari pimpinan OPD, kecamatan dan kelurahan,” tandasnya.

Untuk diketahui, aplikasi yang baru dipergunakan pada awal Februari 2023 ini telah menerima respon baik dari masyarakat, dengan capaian hingga 541 pengaduan per hari. (S-25)