AMBON, Siwalimanews – Gubernur Murad Ismail kembali melakukan perombakan birokrasi di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Jumat (22/4)

Nama yang menjadi sorotan publik adalah Nazaruddin yang ditunjuk menjabat sebagai Direktur RSUD dr. M Haulussy. Nazaruddin  merupa­kan mantan pejabat di Kantor Ke­sehatan Pelabuhan (KKP) Ambon.

Salah satu sumber Siwalima di Kantor Gubernur Maluku menje­laskan Nazaruddin diduga sempat berma­salah kemudian di pindahkan ke KKP Kelas III Sorong dan kembali ber­masalah kemudian ditarik ke Kementerian Kesehatan.

“Duluh sempat bermasalah di KKP sini kemudian di pindahkan ke KKP sorong, dan kementerian. Sekarang ditunjuk menjaabat sebagai direktur RSUD Haulussy,” kata sumber yang namanya enggan di korankan, Minggu (23/4).

Dirinya mengaku tidak tahu persis masalah yang terjadi di dalam internal KKP Ambon namun menya­yangkan penunjukan Nazaruddin sebagai kepala RSUD dr. M Haulussy.

“Macam tidak ada dok­ter dari Maluku yang mampu me­mimpin rumah sakit kita. Dan beliau lama mengurusi kesehatan di pela­buhan bukan rumah sakit,” ujarnya.

Selain Nasaruddin, dirinya juga menyoroti rangkap jabatan yang disandang Sartono Pinning.

Sartono Pinning sejatinya adalah Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku. kemudian oleh gubernur dirinya dipindahkan sebagai Widyaiswara Ahli Utama atau pengajar di BPSDM Maluku.

“Pa Sartono sebagai pengajar, di­rinya juga ditunjuk sebagai Pelak­sana Tugas Kepala Dinas Sosial. Ini jabatan yang definitif yang selama ini diemban, kemudian turun menjadi pelaksana tugas,” katanya.

Namun ia kembali mengatakan kalau kewenangan mengangkat dan menunjuk pejabat ada di tangan gubernur.

Semua keputusan ada di tangan gubernur, dan kita akan lihat kinerja mereka kedepan seperti apa,” ujarnya singkat.

Untuk diketahui gubernur melan­tik pejabat pimpinan tinggi pratama dan fungsional ahli utama lingkup pemerintah Provinsi Maluku.

Pengambilan sumpah dan janji pelantikan itu berdasarkan SK gubernur Nomor” 430-431 tahun 2022 tertanggal 13 April dan SK Nomor: 444 tahun 2022 tertanggal 21 April 2022.

Pejabat yang dilantik Sartono Pinning sebagai Widyaiswara Ahli Utama, Ilham Tauda Kepala Dinas Pertanian Maluku, Nazaruddin Direktur RSUD dr. M Haulussy, Margaretha Samson Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permu­kiman Maluku.

Selanjutnya Denny Lilipory Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Pem­bangunan, Ekonomi dan Keuangan, Daniel E. Indey Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Popyy Bachmid Kepala Dinas Perpusta­kaan dan Kearsipan Maluku dan David S. Katayane sebagai Kepala Badan Pengelola Perbatasan. (S-20)