Pemerintah Kota Ambon terus berupaya menekan penyebaran angka covid . Penerapan Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan ternyata berhasil menekan zona Kota Ambon dari merah ke orange.“Zona Kota Ambon yang sebelumnya berada di merah dengan skoring 1,73, kini turun kembali ke orange dengan total skoring 1,89..“Total skoring saat ini mengalami penurunan lantaran angka terpapar yang menurun dan angka sembuh yang meningkat.

Data terakhir, per Selasa (3/8)  angka terkonfirmasi kita, 8.654 jiwa, yang dirawat sekitar 2.484 jiwa (Baik secara terpusat, atau isolasi mandiri), dan untuk jumlah sembuh mencapai 6.016 jiwa, yang meninggal sampai dengan berjumlah 154 jiwa.“Hal tersebut terjadi lantaran kerasnya satgas dalam melaksanakan yustisi terkait dengan penerapan Instruksi Walikota No. 6 Tahun 2021, tentang pelaksanaan Pemberlakuan PembaQtasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro Level III.

Meski berada di zona orange, namun skoring belum signifikan membaik. Oleh sebab itu, dirinya meminta masyakat Kota Ambon untuk sama-sama membantu pemerintah dalam hal ini, satgas Covid-19 dalam memutuskan mata rantai penyebaran agar kondisi semakin kondusif, dan kota ini dapat kembali ke zona kuning bahkan masuk ke zona hijau.

Penerapan 4M  yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, memakai masker menjadi hal penting bagi masyarakat selama melakukn aktifitas diluar rumah. Agar tidak pulang membawa virus bagi kuarga di rumah. “Masyarakat diharapkan menaati protokol kesehatan karena dengan demikian membantu memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Masyarakat dan Pemerintah Kota Ambon perlu bekerja sama membawa Ambon bisa masuk zona hijau. Sehingga upaya untuk kembali memuliskan ekonomi masyarakat serta menormalisasi sektor pendidikan dan yanh lainnya bisa terwujud.“PPKM yang diterapkan Pemerintah Kota Ambon untuk.memutus mata rantai penyebaran Covid-19 perlu mendapatkan dukungan dari masyarakat Kota Ambon.

Baca Juga: Tepatkah Kebijakan KONI?

Salah satu bentuk dukungan yaitu dengan taati protokol kesehatan.  Kesadaran masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan.

Pemerintah Kota Ambon juga wajib meningkatkan sosialisasi soal protokol kesehatan kepada masyarakat dengan cara yang lebih humanis“Kita berharap dengan kondisi Kota Ambon yang sudah zona orange secepatnya bisa menuju ke zona hijau. (*)