AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas PUPR didesak mengambil alih pengusulan ruas jalan Seri menuju Hukurila, yang hingga saat ini belum juga tuntas.

Anggota Komisi III DPRD Maluku Anos Yermias kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (21/6) menjelaskan, untuk ruas jalan Seri menuju Hukurila sejak awal disepakati sharing anggaran antara pemprov dan pemkot, dengan ketentuan, pemkot membangun jembatan, sedangkan pemprov menangani jalan.

Namun, hingga saat ini ruas jalan ini tidak mampu dituntaskan, baik oleh pemprov maupun pemkot, karena membutuhkan anggaran yang cukup besar mencapai Rp100 milir lebih, sehingga membutuhkan intevensi pemerintah pusat.

“Dengan adanya Inpres jalan daerah ini, maka lebih baik PUPR Kota Ambon menurati ke PUPR provinsi lalu diusulkan agar masuk dalam inpres, sebab jalan itu membutuhkan anggaran Rp100 miliar lebih,” ucap Anos.

Menurut Anos, ruas jalan Seri menuju Hukurila merupakan kebutuhan mendesak masyarakat setempat, apalagi sebagian besar warga Naku telah menempati wilayah pesisir pantai, termasuk juga warga Mahia, maka ruas jalan ini menjadi kebutuhan yang harus diprioritaskan.

Baca Juga: Batmomolin Minta Kapolda Evaluasi Kinerja Penyidik Polresta

“Jalan cukup penting, mudah-mudahan usulan berikut bisa masuk dalam Inpres jalan daerah. Koordinasi dengan BPJN harus terus dilakukan PUPR Kota Ambon, karena kita sedang berjuang untuk membuka jalan disitu, jangan lagi mengharapkan PUPR provinsi,” ucap Anos.

Jika nantinya ruas jalan ini masuk dalam Inpres jalan daerah, maka sangat menguntungkan bagi masyarakat, sebab APBD tidak akan mungkin mengcovernya, apalagi area gunung dari Seri menuju Hukurila harus turunkan agar tidak menimbulkan korban jiwa.(S-20)