AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Komunikasi dan Persandian, bersama dengan Bappeda Litbang, dan Dinas P3AMD Kota Ambon bersama Badan Pusat Statistik menggelar rapat evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral  yang berlangsung di Ruang Rapat Comment Center lantai IV Balai Kota, Rabu (10/5).

Kadis Kominfo Joy Adriansz dalam sambutannya saat membuka rapat itu mengatakan, rapat ini merupakan proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri, dalam tujuan mengukur kematangan penyelenggaraan statis tim sektoral.

EPSS sendiri bertujuan untuk mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan pemda serta meningkatkan kualitas penyelenggaraannya, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dibidang statistik. Dimana tahapan EPPS sendiri, terdiri atas penilaian mandiri, dokumen, interviuw, dan visitasi.

“Untuk menjalankannya pada lingkup pemkot, maka diawali dengan pembentukan tim penilaian internal yang melibatkan dua dinas, yakni Diskominfo dan Bappeda Litbang,” jelas Joy.

Tim ini kata Joy, akan melakukan evaluasi mandiri terhadap dua OPD yang melakukan kegiatan statistik maksimal dua tahun sebelumnya. Untuk itu diharapkan dukungan dari tim EPSS, agar tetap solid dan bekerja maksimal.

Baca Juga: Komnas HAM Akui Kasus Agraria Terbanyak Dilaporkan

Sementara itu, perwakilan BPS Ambon Barbalina Masela juga berharap, melalui pertemuan itu, seluruh organisasi perangkat daerah dapat mempercepat pembentukan forum satu data Indonesia guna mempercepat proses kerja TPI.

“Evaluasi ini diharapkan supaya pembentukan forum itu bisa dilaksnakan secepatnya, sehingga mempengaruhi proses kedepannya,” ujar Masela.(S-25)