AMBON, Siwalimanews – Kepolisian Daerah Maluku menggelar upacara pemakaman jenazah almarhum Brigpol Anumerta Mohamad Faisal Akmi Heluth di Taman Makam Bahagia, Kapaha, Kota Ambon, Rabu (23/2).

Bertindak selaku inspektur upacara, Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes, sementara komandan upacara Kompol Hasanudin.

Pemakaman ditandai dengan tembakan salvo dan penghormatan terakhir kepada almarhum Brigpol Anumerta Mohamad Faisal Akmi Heluth.

Wakapolda pada kesmepatan itu atas nama keluarga besar Polda Maluku dan pribadi menyampaikan turut berduka cita yang mendalam dan berbelasungkawa serta teriring doa semoga arwah almarhum diterima dan mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Mahas Esa.

“Kepada keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan iman dalam menghadapi ini dan ikhlas melepas jenazah almarhum menghadap Tuhan Yang Maha Esa,” pintanya.

Baca Juga: Lanud Pattimura Terpilih Jadi Panda Penerimaan Taruna AAU

Semasa hidup, lanjut Wakapolda, almarhum telah mengabdikan diri bagi kepentingan bangsa dan negara melalui Kepolisian Negara Republik Indonesia. Jabatan terakhir almarhum yaitu Bintara Polsek Pulau Haruku, Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

“Kini almarhum menghadap Tuhan Yang Maha Esa untuk selama-lamanya. Karena itu Polri sungguh merasa kehilangan, mengingat almarhum merupakan salah satu sosok anggota Polri yang patut dibanggakan dan diteladani dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” sebutnya.

Wakapolda mengaku, almarhum dalam tugasnya memiliki disiplin, semangat juang yang tinggi, sabar dan tekun menjalankan tugas yang diemban kepadanya.

“Untuk itu atas nama pimpinan Polri memberikan penghargaan dan terima kasih kepada almarhum. Semoga jasa baikmu mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa sebagai amal ibadah bagi almarhum,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Riadh Uluputty mewakili keluarga almarhum menyampaikan terima kasih kepada Kapolda, Wakapolda Maluku, dan Kapolresta Ambon beserta jajarannya yang telah memberikan perhatian penuh saat almarhum dirawat baik di RS Bhayangkara Ambon hingga dirujuk ke RS Pusat Polri, Kramat Jati, Jakarta.

“Kami keluarga mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolda dan Kapolri atas kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi kepada almarhum menjadi Brigpol anumerta,” ucapnya.

Keluarga kata Uluputty berharap, posisi almarhum dapat diganti dengan adiknya untuk mengabdi kepada negara sebagai anggota Polri.

“Kami keluarga sudah kehilangan almarhum, kami mohon kiranya bisa diganti dengan adiknya untuk mengabdi sebagai anggota Polri,” pintanya.

Uluputty juga berharap, kiranya anak-anak almarhum yang ditinggalkan dapat diberikan bantuan berupa santunan dalam menghadapi hidup di masa-masa mendatang.

“Keluarga juga memohon maaf apabila almarhum di lingkungan kerja mungkin membuat kehilafan serta kesalahan dan jika ada hutang piutang yang dilakukan almarhum, mohon kiranya dapat menghubungi kami selaku keluarga untuk diselesaikan,” pintanya. (S-10)