AMBON, Siwalimanews – Pasca bencana tanah longsor dan pohon tumbang yang melanda Kota Ambon dan sekitarnya, personel Brimob Polda Maluku menggelar bhakti sosial, dengan membersihkan material longsor dan pohon tumbang yang menutup rumah dan jalan pemukiman warga di sejumlah wilayah di Kota Ambon.

Tim Search and Rescue Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku dikerahkan di lokasi Air Besar, Desa Passo, Kecamatan Baguala.

Mereka membersihkan sisa-sisa material longsor menggunakan peralatan seperti cangkul, sekop, dan parang, Senin (11/7).

“Longsor dan pohon tumbang terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya, untuk itu tim SAR kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimobda Maluku dan Kompi 1 Batalyon A Pelopor dikerahkan untuk melakukan pembersihan material longsor dan pohon tumbang kurang lebih 1 jam,” ungkap Danki 4 Batalyon A Pelopor, AKP Nur Saleh kepada wartawan, usai kegiatan pembersihan.

Menurut Saleh, pihaknya saat ini siaga penuh untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi akibat cuaca ekstrim.

Baca Juga: Pemkot Dorong Festival Durian Jadi Agenda Pariwisata

Kesiapsiagaan yang dilakukan saat ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam menghadapi bencana, juga salah satu bentuk bakti dari Satuan Brimob Polda Maluku dalam upaya menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat.

“Ini wujud bakti Satuan Brimob Polda Maluku untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan kedekatan emosional antara Brimob dengan masyarakat, semoga dengan kehadiran kami, masyarakat merasa terbantu. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat seperti Moto Korps Brimob Polri, “Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan,” pungkasnya. (S-10)