AMBON, Siwalimanews – Keterbatasan armada pengangkut sampah di Kota Ambon membuat pemerintah kota kewalahan dalam menangani sampah.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena kepada Wartawan di Ambon, Senin (30/10) mengatakan, saat ini, pemkot hanya miliki 23 armada, dan itu tidak mampu menangani keseluruhan sampah yang ada di Kota Ambon.

“Kita hanya punya 23 armada, dan itu tidak sebanding dengan volume sampah yang ada, minimal kita butuh sekitar 50 armada, jadi kami butuh tambahan sekitar 27 lagi. Kalau itu ada, saya jamin Ambon bersih dari sampah,”ujar walikota.

Walikota mengaku, meski persoalan sampah masih menjadi momok bagi Pemerintah Kota Ambon, namun pihaknya berterima kasih karena sampah kini tidak lagi berserakan di jalan-jalan. Lebih banyak terlihat hanya pada tempat pembuangan sementara yang disediakan oleh pemerintah maupun yang diciptakan oleh masyarakat di lingkungannya masing-masing.

“Kita lihat saat ini sampah tidak lagi berserakan di jalanan seperti sebelumnya, karena itu, jika dengan 50 armada, maka jadwal mengangkut sampah oleh petugas bisa berlangsung dua kali sehari. Yang sekarang, jadwalnya hanya bisa mengangkut satu kali sehari,” tandasnya.(S-25)

Baca Juga: Tabrakan Mobil di Tawiri, Dua Orang Dilarikan ke RS