SEBANYAK 70 hewan kurban, yang terdiri dari 35 ekor Sapi dan 35 ekor Kambing, diserahkan Pemerintah Kota Ambon bagi masyarakat muslim di empat Kecamatan di Kota Ambon.

Penyerahan hewan kurban dalam perayaan Hari Raya ldul Adha 1444 H, Kamis (29/6), berlangsung di halaman depan Balai Kota, Selasa (27/6).

Penyerahan itu juga turut dihadiri Forkopimda Kota Amvon, diantaranya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Ketua MUI Kota Ambon, serta pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon.

Penyerahan hewan kurban dilakukan secara simbolis oleh Penjabat  Walikota, Bodewin M Wattimena kepada masing-masing perwakilan warga dari empat kecamatan tersebut.

Dalam sambutannya, Watti­mena mengatakan, ldul Adha identik dengan penyembelihan hewan, sebagai bentuk syukur dan berbagi antar sesama.

Baca Juga: Walikota Apresiasi Festival Hadrat

“Makna dan harapan penting dari ldul Adha, yaitu tumbuhnya kesadaran dan kesediaan untuk berkurban dalam konteks sosial yang lebih luas, kapanpun dan dimanapun kita berada, kita harus siap dan rela memberikan pengorbanan yang tulus demi kemaslahatan bersama,” katanya.

Dikatakan, dalam rangka berpartisipasi, Pemkot Ambon menyalurkan hewan kurban melalui kelompok masyarakat, Masjid, kelembagaan, dan lingkungan yang telah memben­tuk kepanitiaan dan mengajukan permohonan berupa proposal.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Sekretariat Kota Ambon, Fenly Masawoy dalam laporannya menyebutkan, untuk tahun ini, sebanyak 70 permohonan yang diakomodir pada empat Kecamatan di Kota Ambon.

Diakuinya, hewan kurban yang diserahkan dalam kondisi sehat dan telah melalui pemerikasaan kesehatan serta memenuhi syarat dijadikan hewan kurban sesuai syarat Islam. (S-25)