BUPATI Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, melantik Ruland Watrimny sebagai Kepala Desa Nusiata Kecamatan Pulau Wetang Kebupaten Maluku Barat Daya, yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati, Jumat (15/9).

Dalam sambutannya Bupati Ma­luku Barat Daya menyampaikan pelantikan kepala desa Nusiata dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kepala Desa Nusiata secara mufakat ditetapkan sebagai calon tunggal Kepala Desa yang ditetapkan dalam rapat desa.

“Saya percaya dalam rapat yang digelar di desa, Tuhan memberikan hikmat dan petunjuk sehinga tidak terjadi silang pendapat di desa dan kita mendapat keputusan calon tungal Kepala desa Nusiata. Kepala Desa yang merupakan tanggung jawab serta amanat yang diberikan penuh oleh rakyat desa Nusiata untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan di desa,” ujar bupati.

Kepala Desa diharapkan harus menjadi orang tua, pemimpin yang dapat menentukan arah, mengayo­mi, menyatukan hati dan pikiran masyarakat dalam membangun desa menjadi lebih baik, serta harus dapat menunjukan prestasi dan karya dengan tindakan nyata.

“Dana desa harus dapat kelola dengan memaksimalkan sumber daya yang ada baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam serta pengetahuan teknologi agar menjadikan desa Nusiata menjadi desa yang bersaing, maju dan berkembang untuk kesejahte­raan masyarakat,” harap bupati.

Baca Juga: Turunkan Angka Stunting, BKKBN Berupaya Lakukan Pendampingan

Bupati menegaskan sistem peme­rintahan yang berlaku di Indonesia adalah hirarki berjenjang. Untuk itu aturan terkait kewenangan pengelo­laan kekuasaan kepala desa sebagai pemimpin di desa harus dijalankan dengan baik. Sehingga tujuan dari bernegara dan berbangsa khususnya membangun daerah dapat tercapai.

“Sistem pemerintahan kita makin ketat tidak seperti jaman lampau, untuk itu dalam menjamin pengelolaan keuangan desa yang baik, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya membuat Pakta Intergritas, yang di tandatangani oleh Bupati, Kajari, Kapolres serta Kepala Desa terkait agar kita sungguh-sungguh dalam menjalankan kewenangan khususnya pengelolaan dana desa untuk merubah wajah daerah ini menjadi terbaik di Propinsi Maluku terlebih Republik Indonesia,” ungkap Bupati.

Bupati juga menyampaikan pesan kepada ketua TP-PKK Desa Nusiata untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai pendamping, harus dapat bekerja bersama dan menopang tugas tangung jawab kepala desa untuk kemajuan Desa Nusiata yang lebih baik.

Menutup sambutannya Bupati mengatakan, dalam melaksanakan tanggung jawab membangun dalam berbagai aspek perlu dilakukan dengan hati yang tulus untuk kemajuan bersama.

Turut hadir dalam acara pelantikan, Wakil Bupati MBD, Agustinus L. Kilikily, Ketua DPRD Kabupaten MBD, Petrus A. Tunay, Kapolres MBD, Pulung Wietono, Kajari MBD, Bambang Rudi Hartoko, Pasi Intel Kodim 1511 Pulau Moa, Kapten Inf. R. Totomutu, Pj. Seketaris Daerah, O. H. Y, Kuara, Para Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, serta Camat Pulau Wetang, mantan penjabat Kepala Desa Nusiata dan masyarakat Desa Nusiata. (S-28)