BULA, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur memberikan pelatihan bagi puluhan aparatur desa guna meningkatkan kemampuan dan pengurus kelembagaan di desa.

Dalam kegiatan ini juga aparatur desa diberikan pemahaman untuk mengelola dan mempercepat serapan APBDes termasuk dana desa.

“Kita dorong percepatan pem­-ba­ngunan desa dan ketahanan ekonomi masyarakat desa,” ungkap bupati dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Idris Rumalutur saat bimtek yang digelar di halaman kantor Pemdes Kota Bula, Sabtu (23/9).

Menurutnya peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa merupakan hal yang sangat penting bagi penyelenggaraan pemerintahan desa.

Saya berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa,” terangnya.

Baca Juga: 115 Warga tak di DPT, KPU SBT Koordinasi KPU Pusat

Selain itu, melalui pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa harus lebih responsif, ekstraktif, regulatif, distributif dan kolaboratif dan tidak melanggar larangan. “Kiranya penting, bagi kita semua untuk berkomitmen meningkatkan pembangunan desa yang berkelanjutan. Bukan saja dari segi pembangunan Infrastruktur, tapi juga dari segi pembangunan kualitas sumber daya di desa,” terangnya.

Bupati menjelaskan, dengan sumber daya manusia yang unggul akan aparatur desa dapat mengelola keterbatasan sumber daya alam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Ini penting demi peningkatan roda perekonomian di desa,” tandasnya.(S-27)