PIRU, Siwalimanews –  Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat bekerjasama dengan PMI unit Transfusi darah Cabang Ambon menggelar bakti sosial berupa donor darah. Kegiatan yang dipimpin oleh Penjabat Bupati SBB Andi Chandra As’aduddin ini digelar menyongsong HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023.

Kegiatan ini digelar pemkab demi memberikan contoh untuk aktif sedekah melalui donor darah, bersama TNI, Kepala OPD, ASN dan masyarakat, yang berlangsung di lantai II RSUD, Rabu (9/8). Kegiatan ini menargetkan 500 kantong darah.

Bupati dalam sambutanya menjelaskan, bakti sosial donor darah ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Kegiatan donor darah merupakan sala satu terobosan baru dengan misi kemanusian yang mulia.

“Dengan misi kemulian ini harus kita dukung bersama yaitu, dengan mendorong dan meningkatkan partisipasi pendonor sebagai wujud kepedulian terhadap sesama,” ujar bupati.

Dijelaskan, donor darah ini menjadi ladang amal serta menjadi wujud nyata sikap berbagi, dengan berbagi tidak sedikitpun akan rugi melainkan akan semakin bertambah dan dilipat gandakan kebaikan kepada orang lain yang membutuhkannya.

Baca Juga: Siap Bertarung di Pilwalkot, Rahakbauw Optimis Kantongi Rekomendasi PDIP & Golkar

Pasalnya, darah yang diambil bisa memberi kesempatan hidup dan menyelamatkan nyawa manusia serta memberi manfaat kesehatan bagi pendonor. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan pemkab yang bekerjasama dengan PMI dalam rangka meningkatkan pengelolaan dan kualitas sekaligus memberi keindahan akses dalan berdonor.

Donor darah ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan pemkab, sebab itu bupati berharap,  dengan kegiatan ini dapat mendorong timbulnya kesadaran ASN maupun masyarakat menjadi pendonor baru jika dilakukan secara rutin dan insentif kepada masyarakat, maka semakin banyak nilai positif yang bisa diperoleh.

“Mudah-mudahan kegiatan bakti sosial donor darah yang digagas pemerintah daerah dapat  memetik semangat komponen masyarakat yang lain,” ucap bupati.

Menurutnya, kegiatan donor darah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan karena dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini dikarenakan setelah dilakukan donor darah, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah yang baru untuk menggantikan darah yang telah berkurang.

“Saya berharap kesadaran ASN dan masyarakat mendonorkan darahnya dapat terus ditingkatkan untuk membantu masyarakat dan pemerintah menyalurkan kepada yang membutuhkan darahnya,” tandas bupati. (S-18)