AMBON, Siwalimanews – Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Sarles Brabar minta Pemkab Buru Selatan untuk bersama-sama dengan mitra kerja lainnya dalam rangka mengatasi masalah stunting, dengan menyiapkan tim pendamping Keluarga di setiap Desa dengan melibatkan Bidan Desa, PKK Desa dan Kader.

Permintaan itu disampaikan Brabar kepada Wakil Bupati Buru Selatan  Gerson Elieser Selsily saat melakukan kunjungan ke  kabupaten tersebut, Kamis (14/10).

“Terima kasih kepada pak Wakil Bupati karena dapat menyediakan waktu untuk menerima kehadiran Jajaran Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku saat melaksanakan kunjungan Kerja di Kabupaten Buru Selatan,” ucap Brabar.

Menurutnya, kunjungan kerja ini merupakan silahturahmi dengan pemkab sekaligus berkoordinasi guna peningkatan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) di Kabupaten Buru Selatan.

Sesuai instruksi Presiden, BKKBN diberiikan tanggung jawab sebagai ketua penurunan angka stunting.  Untuk itu, dalam rangka mengatasi masalah-masalah kependudukan di Bursel diharapkan adanya grand design pembangunan kependudukan yang terdiri dari aspek pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, pengarahan mobilitas penduduk, pembangunan keluarga serta pengembangan data base kependudukan.

Baca Juga: DPRD Desak Dinkes Bayar Honor Relawan Covid-19

Pada kesmepatan itu, Wakil Bupati Buru Selatan Gerson Elieser Selsily juga menyampaikan terimah kasih atas kunjungan yang dilakukan Kepala BKKBN Maluku bersama jajarannya.

“Selaku pemerintah daerah selalu mensupport dan mendukung seluruh program BKKBN, terlebih masalah penurunan angka stunting dan penyusunan grand desain pembangunan kependudukan untuk memberikan arah dan kebijakan dalam pelaksanaan program pembangunan kependudukan Kabupaten Buru Selatan,” ucapnya.

Dalam rangka 100 hari kerja sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan kata Gerson, pihaknya tetap berkomitmen untuk terus menjalankan program kerja yang sudah digagas untuk terlaksana dengan perencanaan yang matang, sehingga visi dan misi dapat tercapai.

Untuk itu, diawal pemerintahan ini kehadiran Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku dan jajaran di Kabupaten Bursel dengan Prorgam Bangga Kencana diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Buru Selatan. (S-51)