PEMERINTAH Daerah gelar upacara memperingati Hari Kesadaran Nasional (HKN) sekaligus Ulang Tahun ke-78 Palang Merah Indonesia, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati MBD, Senin (18/9).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Agustinus L. Kilikily,  dan turut dihadiri Ketua DPRD MBD, Petrus A. Tunay, Dandim 1511/Pulau Moa, Letkol. Inf. Galih Perkasa, Kapolres MBD, AKBP. Pulung Wietono, Kajari MBD, Bambang R. Hartoko, Pj. Sekretaris Daerah MBD, Obed. H Y. Kuara, Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Pimpinan Kantor Vertikal, Pimpinan BUMD/BUMN dan Organisasi Kepemudaan se-Kabupaten MBD.

Wakil Bupati dalam sambutannya menegaskan pentingnya pelaksanaan Upacara HKN yang dilaksanakan setiap tanggal 17 bulan berjalan. Dilaksanakan guna mengingatkan ASN tentang rasa cinta kepada bangsa dan tanah air.

“Kita harus melaksanakan tugas dan pelayanan sebagai ASN dengan baik. Mencintai negara, mencintai daerah dengan melaksanakan tugas dan pelayanan dengan baik. Pelayanan kemasyarakatan lebih diutamakan, jangan biarkan keluhan hadir dalam pelayanan kita,” tegas wakil bupati

Sementara dalam momentum hari ulang tahun PMI, Wakil Bupati menyampaikan PMI sebagai organisasi kemanusiaan ini didirikan untuk membantu tugas pemerintah dengan tujuan meringankan penderitaan sesama manusia yang di sebabkan oleh bencana dan kerentanan lainnya dengan tidak membedakan agama, suku bangsa, bahasa, warna kulit, jenis kelamin, golongan  dan pandangan politik serta tetap berpedoman pada prinsip-prinsip dasar gerakan internasional palang merah dan bulan sabit merah yaitu: kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.

Baca Juga: Daud Reimialy Resmi Jadi Penjabat Sekda MBD

“Sebagai organisasi yang memiliki mandat membantu masyarakat, PMI telah lama terlibat dalam tanggap darurat bencana, termasuk bencana yang disebabkan oleh perubahan iklim (banjir, tanah longsor, badai tropis, meningkatnya suhu permukaan bumi). Pada perayaan HUT kali ini PMI berinisiasi melakukan kegiatan-kegiatan adaptasi perubahan iklim dan berkomitmen menjadi bagian dari solusi untuk bumi yang lebih baik. dengan mengusung tema peringatan HUT PMI ke-78 tahun ini adalah menolong sepenuh hati, dalam memberikan pelayanan melayani masyarakat tanpa lelah,” tutur wakil bupati.

Dirinya berharap kepada segenap jajaran PMI untuk melaksanakan amanah dan kegiatan di PMI dengan penuh keikhlasan, profesional, transparan dan akuntabel, sehingga mendapatkan kepercayaan dari masyarakat yang merupakan modal utama bagi PMI agar mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

“Marilah terus bergerak bersama PMI pada setiap tingkatan diharapkan terus mengedepankan kegiatan yang berfokus kepada layanan masyarakat, serta terus menebar kebaikan Menolong dengan hati serta memberikan manfaat bagi masyarakat banyak. hal ini bisa dilakukan, apabila kita semua memiliki semangat yang sama untuk melakukan kegiatan dengan efektif, efisien, dan aksi nyata, agar dapat melakukan pelayanan yang cepat dan profesional untuk kemanusiaan. marilah kita semua terus tebar kebaikan,” harap wakil bupati.

Dalam Upacara Peringatan HKN dan HUT PMI ke-78 ini, Wakil Bupati berkenan menyerahkan Plakat Penghargaan PMI kepada 4 orang pendonor darah aktif yang banyak mendonorkan darahnya bagi sesama yang membutuhkan. (S-28)