NAMROLE, Siwalimanews – Pemda Bursel melalui Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan AMGPM Ranting Tolot memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan membersihkan pesisir pamntai di Kota Namrole, Sabtu (5/6).

Selain memberishkan pesisir pantai, para pemuda gereja ini juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah pada tempat dan pada waktunya. Himbauan ini disampaikan dalam bentuk pemasangan papan larangan serta orasi dan pembagian selebaran.

Kadis Lingkungan Hidup Bursel, Lukman Soulisa pada kesempatan itu menjelaskan, kegiatan yang dilakukan pihaknya bersama AMGPM ini, sesuai peraturan Bupati Bursel tentang Kawasan Bebas Sampah dan Larangan Membuang Sampah Sembarangan.

“Masyarakat Bursel perlu merubah pola pikir dengan mentaati peraturan membuang sampah pada tempatnya dan kawasan bebas sampah harus menjadi yang prioritas bersama,” ucapnya.

Jika semua ini ditaati kata Soulisa, tentu akan mewujudkan Kota Namrole menuju kawasan bebas dari penyakit. Langkah ini merupakan upaya Pemda Bursel untuk meraih Adipura.

Baca Juga: Komisi IV Pertanyakan Besaran Bonus Atlet PON

“Kita berharap supaya Kota Namrole jadi suatu kawasan yang bebas sampah, kawasan bersih, yang merupakan dambaan dari seluruh warga kota, sehingga dalam jangka waktu dua atau tiga tahun kedepan kita bisa usulkan agar kota kita raih penghargaan Aadipura,” ucapnya.

Ditempat yang sama Dikesempatan yang sama, Ketua AMGPM Ranting Tolot, Berly Patiasina mengaku, masalah sampah merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk AMGPM.

“Sampah adalah masalah kita bersama, dan ini merupakan sumbangsi kecil kami AMGPM Ranting Tolot kepada pemda dalam melihat kebersihan kota Namrole. Kalau Kota bersih, kita semua juga senang,” ucap Patiasina. (S-35)