AMBON, Siwalimanews – Ketua Badan Promosi Parawisata Maluku Mus Mualim, mengajak seluruh mahasiswa Fakultas Perikanan Unpatti khususnya pada program studi pemanfaatan sumberdaya perikanan, untuk menjadi wirausahawan muda di daerah ini.

Ajakan ini disampaikan Mualim saat memberikan kuliah perdana dalam kegiatan orientasi mahasiswa baru 2021 Prodi pemanfaatan sumberdaya perikanan, di kampus Unpatti, Sabtu (25/9).

Para generasi muda, kata Mualim khususnya mahasiswa perikanan harus dapat mengubah pola pikir dari ASN menjadi entrepreneurship dengan mengoptimalkan sumber daya alam yang ada di Maluku.

Pasalnya, potensi sumberdaya alam yang ada di Maluku saat ini cukup melimpah, jika dikelola dengan skill yang diperoleh selama proses pendidikan, maka akan bermanfaat dengan baik bagi masa depan.

“Potensi yang kita miliki ini kan cukup banyak, nah itu kalau dikelola dengan baik, maka akan sengat berdampak bagi masa depan,” ujar Mualim.

Baca Juga: Masuk Mall Pakai Aplikasi Peduli Lindungi, Dinilai tak Layak

Dijelaskan, saat ini mahasiswa jangan lagi mengharapkan menjadi ASN, sebab kuota ASN sangat terbatas dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi, sehingga harus melakukan terobosan baru dengan membuka lapangan pekerjaan.

Apalagi, salah satu fokus Unpatti sendiri berkaitan mendorong mahasiswanya membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang lain, dengan mengoptimalkan sumber daya alam yang ada.

Mualim meyakini, jika mahasiwa Unpatti berani mengelola sumber daya alam yang ada, maka sudah pasti akan membawa dampak bagi pembangunan Maluku ke depan.

Selain Mualim, kuliah umum mahasiswa baru tersebut, juga menghadirkan Asisten Deputi Perikanan Tangkap pada  Kemenko Marves, Kabid Perikanan Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Roy Iwamoni serta Komandan Lantamal IX Ambon  Brigjen (Mar) Said Latuconsina. (S-50)