AMBON, Siwalimanews – Senior KNPI Maluku Hadan Pellu mengaku, KNPI merupakan salah satu organisasi kepemudaan di Maluku yang mampu melahirkan sejumlah pemimpin besar di daerah ini.

Para pemimpin tersebut mulai dari, Zeth Sahuburua, Richard Louhenapessy, Abdullah Tuasikal, Sam Latuconsina, Lucky Wattimury, dan sejumlah pemimpin lainnya yang dahulu merupakan pimpinan maupun pengurus organisasi kepemudaan ini.

Selain mampu melahirkan para pemimpin di Maluku, KNPI juga merupakan wadah berhimpun bagi seluruh OKP yang ada di daerah ini. Maka dari itu, sinergitas harus terus dijaga.

“Selain wadah berkumpul, KNPI juga merupakan mitra pemerintah. Karena itu,  Halal Bihalal ini kita rajut hubungan antar pemuda, untuk bagaimana membangun KNPI kedepan sebagai mitra pemerintah, yang turut mengawal pembangunan di daerah ini,” ucap Pellu dalam sambutannya saat perayaan Halal Bihalal DPD KNPI Maluku yang digelar di salah satu restoran di Kecamtan Baguala, Kota Ambon, Sabtu (22/5).

Melalui Halal Bihalal, lanjutnya, bagaimana para pemuda menjalin silaturahmi antar sesama, agar KNPI semakin erat kedepan. Apalagi, beberapa tahun belakang ini, KNPI di Maluku redup.

Baca Juga: Warga Tulehu Minta BPJN Tambah Jembatan Darurat

Karena itu, melalui acara ini, harus dijadikan ajang konsolidasi untuk membangun pikiran guna mendorong pembangunan di daerah ini, sehingga pembangunan di Maluku tidak tertinggal.

“KNPI harus ada pada garda itu. Apalagi jelang Musda nanti, maka proses konsolidasi ditingkat organisasi terus ditingkatkan demi kemajuan organisasi ini kedepan lebih baik,” pinta Pellu.

Sementara itu, Carataker Ketua DPD KNPI Maluku Saiful Chaniago menegaskan, KNPI Maluku saat ini sudah keluar dari rohnya, yakni bagaimana memperjuangkan kemaslahatan rakyat di daerah ini. Untuk itu, dirinya ditugaskan untuk mengembalikan itu.

“Hari ini, secara objektif, DPP KNPI pusat memandang bahwa, pemuda di Maluku harus diluruskan dan dimaksimalkan dalam kepentingan pemberdayaan. Oleh karena itu, kami ditunjuk untuk memaksimalkan konsolidasi pemuda secara totalitas,” ujarnya.

Oleh sebab itu, melalui momentum Halal Bihalal ini juga, sebagai langkah awal untuk menyatukan semua potensi kepemudaan yang ada di Maluku

“Halal Bihalal merupakan satu momentum yang baik untuk lebih mempertegas tali persaudaraan yang ada antar potensi kepemudaan yang di tanah pusaka di Maluku ini,” ucapnya.

Dengan begitu Chaniago berharap, melalui momen itu, dapat menyatukan persepsi dan pikiran agar kedepan DPD KNPI Maluku bisa mengawal kepentingan masyarakat.

“Semoga pemuda Maluku kedepan lebih baik lagi, kemudian bisa mengawal proses proses kerakyatan di daerah lebih terarah dan bisa memberikan manfaat yang sebaik baiknya untuk kepentingan rakyat di masa masa yang akan datang,” harapnya. (S-32)