AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga agar mewaspadai potensi banjir pasang air laut maksimum atau rob di wilayah pesisir yang akan berlangsung 24-31 Mei mendatang.

Wilayah yang berpotensi terjadinya banjir rob yakni di pesisir wilayah Seram Bagian Timur, pesisir Selatan Pulau Seram, pesisir Pulau Ambon dan Lease, pesisir Kepulauan Tanimbar , pesisir Kepulauan Kei dan pesisir Kepulauan Aru.

“Ini disebabkan adanya pangaruh dan aktifitas asatronami, dimana fase bulan purnama perigiee (super blood moon) yaitu poss, dimana bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi,” ungkap Prakirawan BMKG Maluku Mochamad Zainuri Damayanto dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwlaimanews, Senin (24/5).

Hal ini kata dia, menyebabkan potensi pasang maksimum dan ditunjang dengan keadaan gelombang serta curah hujan yang cukup tinggi, dapat mempengaruhi dinamika pasang surut, yang berpotensi terjadinya banjir pesisir di wilayah Maluku.

Untuk masyarakat yang berada di pesisir pantai dihimbau agar tetap waspada dengan  adanya fonomena banjir rob yang diprediksi terjadi pada rentang waktu tersebut, serta memperhatikan update informasi cuca maritim dari BMKG. (S-51)

Baca Juga: Puluhan Tahun Warga Dusun Fatsinan Hidup Tanpa Listrik