AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 306 personel dilibatkan dalam pelaksanaan operasi Patuh Siwalima tahun 2021 yang berlangsung mulai hari ini. Ratusan personel ini terdiri dari personel Polda Maluku dan Polres jajaran.

Operasi lalu lintas terpusat dengan sandi Patuh Siwalima 2021 resmi dibuka Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri melalui apel gelar pasukan di lapangan Letkol Chr Tahapary,  di kawasan Tantui, Senin (20/9).

Operasi Patuh Siwalima tahun ini mengusung tema Tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib lalulintas dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 serta mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap di wilayah Maluku.

Dalam amanatnya, Kapolda minta agar personel yang bertugas dapat melakukan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang dianggap rawan kemacetan atau pelanggaran lalulintas dan kecelakaan.

“Saya harap personel dapat bertugas melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalulintas,” ucap Kapolda.

Baca Juga: PLN Dukung Petani Buah Naga di Pulau Seram

Mantan Komandan Korps Lalulintas Polri ini juga meminta kepada para personel yang bertugas agar dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya penyebaran Covid-19, serta mengingatkan personel untuk selalu memperhatikan faktor keselamatan dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Lakukan sosialisasi dan penyuluhan melalui pemasangan spanduk himbauan, baner, baleho dan stiker melalui media cetak, media elektronik dan media sosial online, laksanakan edukasi dan bangun kesadaran masyarakat untuk lebih tertib berlalulintas serta patuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Maluku, setiap personel harus selalu memperhatikan keselamatan diri dan kesehatan diri dengan patuhi semua protokol kesehatan,” pinta Kapolda

Kapolda juga minta setiap personel yang melaksanakan operasi Patuh Siwalima, diminta untuk senantiasa menjunjung prinsip profesionalitas dan bertanggung jawab.

“Jaga nama baik institusi Polri yang kita cintai ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Operasi Patuh Siwalima 2021 juga dilaksanakan secara serempak di seluruh Polres jajaran Polda Maluku. Operasi dilaksanakan selama 14 hari ke depan atau sampai dengan 3 Oktober 2021.

Operasi Patuh sendiri merupakan operasi kepolisian terpusat yang sasarannya memeriksa kelengkapan surat dan komponen utama kendaraan bermotor.

Operasi Patuh juga menyasar pengguna jalan yang melanggar semua aturan lalulintas. Sehingga  terciptanya situasi lalulintas yang aman dan nyaman dan dapat meningkatnya ketertiban dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalulintas.

Dalam pelaksanaanya personel lalulintas akan dibantu sejumlah personel bantuan operasi sebagai komponen pendukung yakni dari Propam, Humas, serta personel Polisi Militer TNI. (S-45)