BULA, Siwalimanews – Pelayanan kesehatan di Kabupaten Seram Bagian Timur pada masa kepemimpinan Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur sebagai Bupati dan Wakil Bupati, terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kabupaten tersebut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, dimana akan dibangun empat puskesmas lagi di empat lokasi berbeda. keempat puskesmas tersebut akan dibangun di Kampung Gorom, Kecamatan Bula, di Desa Amarwatu, Kecematan Pulau Gorom, serta Desa Tamher Warat dan Kepulauan Watubela.

“Selain di Kampung Gorom, ada juga tiga puskesmas pelayanan kesehatan wilayah kepulauan dan satu kita tempatkan untuk mengcover di wilayah barat. Kita berharap tahun depan puskesmas-puskesmas ini sudah dibangun, sehingga semua keluhan masyarakat menyangkut pelayanan kesehatan bisa tercover dengan baik,” ucap Rumakabis kepada Siwalimanews di ruang kerjanya, Jumat (1/9).

Sedangkan menyangkut dengan SDMnya Rumakabis mengaku, untuk SDMnya baik tenaga dokter maupun nakes lainnya semua sudah ada. walaupun hampir 70 persen nakes yang ada disini rata- rata tenaga suka relawan.

Para tenaga relawan di setiap puskesmas masuk dalam perencanaan pengangkatan mereka sebagai P3K, dan sebagian sudah diangkat sesuai dengan kuota yang diberikan dari Kemenkes untuk SBT hanya 1300 orang.

Baca Juga: Walikota Ingatkan Pegawai Pemkot Jadi Caleg Mundur Dari ASN

“Kita berharap dengan pengangkatan P3K secara perlahan-lahan bisa mengurangi kita punya tenaga suka rela yang ada dan tenaga mereka ini bisa kita tempatkan pada puskesmas, pustu, polindes, dan fasilitas kesehatan lainnya,” harap Rumakabis.(S-27)