AMBON, Siwalimanews – Warga Kota Ambon sangat antusias mengikuti vaksinasi massal yang digelar Dinas Kesehatan Kota Ambon di malam hari.

Itu terbukti, dimana sejak,  Senin (11/4) tercatat ada 192 warga yang mengikuti vaksinasi yang dipusatkan di Tribun Lapangan Merdeka Ambon.

“Yang mengikuti vaksinasi untuk malam itu192 orang Sedangkan pagi 369 orang, sehingga total yang divaksin kemarin berjumlah 561 orang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (12/4).

ia mengaku, layanan vaksinasi malam hari dibuka pemkot selama bulan Ramadhan 1433 Hijriyah, sebagai langkah jemput bola, bagi masyarakat yang ingin divaksin, tetapi khawatir berpengaruh pada kondisi tubuh saat sedang berpuasa.

“Pelayanan vaksinasi malam hari dilaksanakan oleh dua tim yang dimulai pukul 19.00 – 21.00 WIT. Untuk pendaftaran, akan dilayani hingga selesai,” ujarv Pelupessy.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Unpatti Protes Kenaikan BBM

Dengan dibukanya vaksinasi massal selama bulan Ramahdan di Tribun Lapangan Merdeka, maka pelayanan vaksinasi di seluruh Puskesmas dihentikan untuk sementara.

“Selama bulan Ramdhan kita fokus di Lapangan Merdeka, karena vaksinasi di Puskesmas saat ini tidak banyak warga yang datang, sehingga tidak mencukupi untuk dibuka 1 vial Vaksin,” jelasnya..

Pelupessy berharap, pelayanan vaksinasi malam hari akan dimanfaatkan oleh warga Kota Ambon, sehingga capaian vaksin terus meningkat, dimana hingga saat persentasi vaksin dosis pertama telah mencapai angka 99,72 persen

Sementara untuk dosis kedua 67 persen, dan booster (dosis ketiga) 7,74 persen. Sementara untuk vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun, dosis pertama 75,11 persen, dan dosis kedua 47,57 persen. (S-21)