AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon Jantje Wenno, mengingatkan Pemkot Ambon untuk menyiapkan lapak bagi para pedagang kecil yang mendapatkan dampak langsung dari penggusuran di Pasar Mardika.

Pemkot saat ini kata Wenno, memang telah menyediakan fasilitas lapak pasca rencana revitalisasi pasar oleh pemerintah pusat, namun para pedagang kecil seolah-olah dipaksakan untuk membayar harga sewa lapak yang dinilai terlalu mahal, jika dibandingkan dengan pemasukan yang didapati mereka.

Atas persoalan ini, maka pemkot seharusnya memikirkan tempat yang dapat digunakan sebagai lapak, khususnya pedagang kecil, dan bukan hanya melakukan tindakan penggusuran.

”Pemkot harus memikirkan untuk menyiapkan lapak (tempat) berdagang, tidak hanya menggusur. Pedagang kecil disitu harus hidup dan menghidupi keluarga mereka, apalagi mereka menggantungkan hidupnya dari satu-satunya usaha berdagang,” tandas Wenno kepada Siwalimanews, di Baileo Rakyat Karang Panjang, Selasa (11/1).

Menurutnya, ditengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia dan Maluku secara khusus, maka pemkot sudah harus memikirkan persoalan ini, sehingga aktivitas berjualan para pedagang kecil, dapat tetap berlangsung untuk mempertahankan kehidupan mereka.

Baca Juga: Pangkogabwilhan Kunjungi Brigif Nusa Ina

Wenno juga mendukung penuh upaya revitalisasi Pasar Mardika untuk menjadi sebuah pasar dengan konsep tradisional modern, namun penataan harus dilakukan dengan baik, bukan cuma kepada para pedagang, namun juga aktivitas orang dan kendaraan. (S-50)