AMBON, Siwalimanews – Pasca Anggota DPRD Kota Ambon dari Fraksi Nasdem, Jona­than Polanda positif Covid-19, para pegawai dan anggota DP­RD Kota Ambon menjalani swab test massal.

Sebanyak 30 pegawai dan 9 dari 35 anggota DPRD menjalani swab test pada Jumat (11/12). Sisanya akan dilanjutkan hari ini, Senin (14/12).

“Sedikit saja yang ikut swab kemarin, belum semua pega­wai dan anggota makanya Senin kita akan lanjutkan swab test bagi  sisanya,” kata Sekretaris DPRD Kota Ambon, Elkyopas Silooy saat dihubungi Siwalima, melalui telepon selulernya Minggu (13/12).

Ditanya soal hasil pemeriksaan swab Jumat, Silooy mengaku, be­lum keluar. Nantinya baru disam­paikan. “Kan baru dilakukan swab kemarin, jadi mungkin sekitar dua atau tiga hari untuk hasilnya keluar,” ujarnya.

Seperti diberitakan, Anggota DP­RD Kota Ambon dari Fraksi Nasdem, Jonathan Polanda dika­barkan ter­konfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga: Dansat: Program BRAIN Dijalankan Sesuai Prokes

Informasi yang beredar di Baileo Rakyat Belakang Soya, anggota Komisi I ini terkonfirmasi positif setelah menjalani swab test yang dilakukannya belum lama ini.

“Iya memang benar ada satu anggota di Komisi I yang terpapar covid, dan kini yang bersangkutan sementara jalani isolasi,” ungkap sumber Siwalima di Baileo Rakyat Belakang Soya yang enggan namanya dipublikasikan, Jumat (11/12).

Anggota DPRD Yusuf Wally ke­pada Siwalima usai menjalani swab test mengaku, semua ang­gota DPRD Kota Ambon menjalani swab test karena ada indikasi satu anggota yang terpapar covid-19.

“Seluruh anggota DPRD jalani swab test, sebab kita harus jadi contoh di masyarakat,” tandas Wally.

Dikatakan, tujuan dilakukannya, swab test agar supaya diketahui, apakah memang virus ini ada pada setiap pegawai dan anggota ataukah tidak.

“Kalau sudah diketahui ada virusnya, bisa segera untuk dapat diobati, kalau memang tidak ada, ya almahamdulilah,” ujarnya.

Dikatakan, dengan dilakukannya swab test, berarti bisa mencegah lebih awal virus corona dan tidak menularkan kepada orang lain. Untuk itu ia menghimbau seluruh anggota dan pegawai untuk harus proaktif datang ke Baileo Rakyat guna menjalani swab test.

“Kita harus jadi contoh buat yang lain. swab test ini juga sebagai ben­tuk dan upaya mencegah klaster baru di DPRD Kota,” ujarnya.

Wally juga minta wartawan yang bertugas di DPRD Kota untuk menjalani swab test, supaya dapat diketahui apakah ada indikasi terpapar atau tidak. (Cr-5)