AMBON, Siwalimanews – PerusahaanDaerah Air Minum Kota Ambon, kini berubah status menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Yapono.

Perubahan status ini terjadi setelah PDAM selama 43 tahun berkiprah dan akhirnya berubah dimasa kepemimpinan  Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dan Direktur Rina Purmiasa.

Walikota disela-sela launching Perumdam Tirta Yapono di halaman Kantor PDAM Ambon, Jumat (8/9) mengatakan, dengan ini, Perumdam kini tidak lagi terkait dengan masalah-masalah birokrasi.

“Karena setelah ini, mereka akan dikelola secara profesional, mulai dari sisi kepemimpinan dan perbaikan serta peningkatan pelayanan demi meningkatkan produktivitasnya,” ujar walikota.

Pihaknya berharap, setelah ini, Perumdam dapat berbenah dengan melakukan perbaikan-perbaikan supaya kembali sehat.

Baca Juga: Masalah Kemacetan dan Sampah Jadi PR Bagi Pemkot

Sementara itu, Direktur Perumdam Tirta Yapono Rina Purmiasa menambahkan, bertransformasinya PDAM meniadi Perumdam, maka tentu akan dikelola secara professional dan akuntabel, dengan menggunakan kaidah manejemen modern.

“Namun meski demikian, akan tetap membutuhkan intervensi Permerintah Kota Ambon dalam hal kebijakan menambah pernyataan modal yang hingga kini belim tetealisasi,” ucapnya.(S-25)