AMBON, Siwalimanews – Satu pasien Covid-19 meninggal dunia setelah menjalani pera­watan di Rumah Sakit Angkatan Laut dr FX Suhardjo, Rabu (2/9) pukul 00.50 WIT.

Almarhumah inisial MM berusia 74 ini merupakan warga Kelurahan Nusaniwe, Kota Ambon. Ia masuk rumah sakit pada Selasa (1/9) pukul 23:25 WIT.

“Dini hari tadi satu pasien ter­konfirmasi asal Kota Ambon me­ninggal dunia Rumkital dr FX Su­hardjo, maka jumlah pasien covid yang meninggal 34 orang di Ma­luku,” ujar Ketua Harian Gustu Covid-19 Maluku, Kasrul Selang ketika dikonfirmasi Siwalima di Kantor Gubernur Maluku.

Sebelum meninggal dunia, tim medis mengambil swab spesi­men almarhumah untuk diperiksa di RSUD dr. M Hahulussy pada ta­nggal 1 September pukul 18.00 WIT.

“Hasil pemeriksaan swab test terhadap spesimen almarhumah dinyatakan positif dan disampaikan ke keluarga untuk dimakamkan dengan protokol Covid-19,” terang Kasrul.

Baca Juga: Pemkot tak Mampu Tahan Sebaran Corona

Sebelum dilakukan pemula­sa­ran jenazah, diawali dengan doa oleh pendeta dari Jemaat GPM Rehoboth.

Usai pemulasaraan, pada pukul 10:25 WIT jenazah almarhumah dibawa menuju TPU khusus Covid di Desa Hunuth dengan menggu­nakan mobil jenazah milik RS AL.

“Prosesi pemakaman dilaksa­na­kan pada pukul 11.00 WIT dan disaksikan oleh pihak keluarga di TPU Desa Hunuth dengan protokol covid,” ungkap Kasrul.

“Atas nama Pemda Maluku dan Kota Ambon serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 turut berbelasungkawa atas me­ninggalnya Ibu MM. Semoga almar­humah mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang diting­galkan selalu diberikan ketabahan,” ujar Kasrul.

Sebelumnya, satu pasien positif Virus Corona meninggal dunia, pada Rabu (26/8) di RSUD dr. M. Haulussy, pukul 02.25 WIT.

Pasien perempuan berinsial MKT (56) dirawat di RSUD Haulu­ssy di hari yang sama pukul 00.15 WIT. Saat di IGD dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan swab metode TCM.

“Sementara menunggu hasil swab, almarhumah menghembus­kan nafas terakhirnya. Hasil swab TCM menunjukkan bahwa ibu MKT terkonfirmasi positif Covid-19,” jelas Kasrul Selang.

Proses pemulasaran jenazah MKT dilaksanakan di RSUD dr. M. Hau­lussy, diawali dengan doa oleh pendeta dari GPM dan keluarga almar­humah. Selanjutnya, pada pukul 08.45 WIT, jenazah MKT dibawa ke TPU Hunuth. Prosesi pemakaman dilaksanakan pukul 09.30 WIT, disaksikan oleh pihak keluarga. (S-39)