AMBON, Siwalimanews – 200 lebih swab test dari para ASN di jajaran Pemkot Ambon hingga kini belum juga mendapat hasil.

Proses swab tes yang telah dilaksanakan pada 12 OPD yang memiliki kontak langsung dengan masyarakat, yakni Dinas Kesehatan Kota Ambon, Dinas Perhubungan Kota Ambon, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendapatan Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Umum dan Perlengkapan, serta pegawai yang melayani pengurusan surat ijin keluar masuk Kota Ambon.

Kedua belas OPD tersebut merupakan dinas yang melaksanakan tugas untuk melayani masyarakat. Walikota Ambon Richard Louhenapessy yang ditemui usai melakukan apel gabungan pada, Jumat (28/8) di Lapangan Merdeka Ambon mengungkapkan, tujuan dari pelaksanaan swab tersebut agar Pemkot dapat memberikan contoh yang baik  bagi masyarakat.

“Supaya masyarakat juga berikhtiar jangan sampai pada waktu masyarakat datang lalu masyarakat juga ragu-ragu, sehingga seluruh OPD yang terkait dengan pelayanan publik itu kita swab,” ujarnya.

Walikota mengaku, hingga kini angka terkonfirmasi ASN masih berkisar angka 81, dan belum ada penambahan.

Baca Juga: Anak Ketua DPRD Kota Ambon Positif Covid-19

“Sampai dengan hari ini sudah 81 yang terkonfirmasi positif termasuk dua pejabat eselon II. Saya tahu bahwa pasti masih ada kurang lebih 200 lagi hasilnya yang belum dikeluarkan BTKL dan pasti akan bertambah,” jelasnya.

Dirinya mengakui, sejumlah data dari hasil terkonfirmasi tersebut kebanyakan tidak memiliki gejala dan yang bertugas setiap harinya di lapangan. “Kita telah mengisolasi, sebab mereka melayani masyarakat semua beraktivitas seperti biasa, itu kan bahaya buat kita,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy yang hubungi Siwalima mengungkapkan, hasil swab tes belum diterima dan total terkonfirmasi masih juga dengan jumlah yang sama yaitu 81 orang.

Dirinya juga menambahkan BPBD Kota Ambon juga telah melaksankan swab tes,  Jumat (28/8), dan sementara menunggu hasil. Namun Pelupessy enggan membeberkan berapa jumlah pegawai BPBD Kota Ambon yang telah dilakukan swan tes.

Kepala BPBD Kota Ambon Demy Paays mengaku benar telah dilaksnakan swab tes kepada personilnya yang bertugas di rumah sakit darurat.

“Ada hampir 50 personil yang telah melaksanakan swab test diantaranya sekitar 40 petugas BPBD dan 8 orang dari TNI AD dan saat ini tinggal menunggu hasil,” katanya. (Mg-6)