AMBON, Siwalimanews – Salah satu pasien positif Covid-19, inisial SM, warga Kabupaten Maluku Tenggara kabur sejak 14 Juli lalu, dan hingga kini belum ditemukan.

Perempuan 43 tahun yang ber­profesi sebagai wiraswasta ini di­tetapkan sebagai pasien ter­kon­firmasi positif berdasarkan hasil uji sampel swab dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pe­ngen­dalian Penyakit (BTKLPP) Ambon.

Namun ketika akan dijemput oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Malra untuk men­jalani karantina, SM menghi­lang.

“Benar satu pasien terkonfirmasi kita yakni perempuan inisial SM (43) melarikan diri dan belum di­temu­kan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Malra, Ketty No­tanubun ketika dikonfirmasi Siwa­lima melalui telepon selulernya, Selasa (21/7).

Ketty mengatakan, gugus tugas telah melakukan koordinasi de­ngan aparat TNI dan Polri untuk ikut membantu pencairan SM.

Baca Juga: Ratusan Sampel Swab Masih Antre di BTKLPP

“Kita sudah minta tolong kepada pihak Kodim 1503 Tual, Polres Mal­ra dan TNI AU Tual guna membantu proses pencairan SM,” ujarnya.

Ketty mengaku, pihaknya telah berupaya melakukan pendekatan dengan keluarga SM, namun hasilnya nihil. “Keluarga juga tidak tahu kebe­radaan SM, namun untuk sementara tetap kita lakukan pencarian,” tan­dasnya

Pencairan terharap SM me­nurut Kepala Dinas Kesehatan Malra ini, sudah dilakukan selama seming­gu terakhir.

“Sudah satu minggu kita lakukan pencairan, namun belum ketemu, kami berharap masyarakat yang menemukan SM bisa melapor agar segera ditangani,” tandasnya.

Pasien SM dinyatakan positif bersama 14 orang lainnya di Kabu­paten Malra pada Senin (13/7) lalu.

Mereka yang positif terpapar di Kabupaten Malra adalah perem­puan inisial RCW (41), laki-laki inisial EDS (43) perempuan inisial SLA (29), perempuan inisial HJ (32), perempuan inisial CS (31), laki-laki inisial GD (40), laki-laki inisial SN (41), dan laki-laki inisial BAK(28).

Kemudian perempuan inisial SM (43), laki-laki inisial HL (37), pe­rem­puan inisial EM (44), perempuan inisial HPS (16), perempuan inisial JRR (33), perempuan inisial NNI (26) dan perempuan inisial JR (36). (S-39)