AMBON, Siwalimanews – Kapolri Jenderal Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto batal ke Ambon.

Sesuai rancangan agenda kun­jungan kerja Menkopolhukam, Moh. Mahfud MD ke Ambon pada Kamis (23/7), Kapolri dan Pang­lima tercatat dalam rombongan Menkopolhukam.

Kapolri digantikan oleh Waka­polri Komjen Gatot Eddy Resmi. Sedangkan Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto mewakili Panglima TNI.

“Jadi benar hasil rapat kita de­ngan tim advanced Kemenkopol­hukam yang diketuai Brigjen TNI Iri­yanto dipastikan kedatangan Men­kopolhukam didampingi oleh Wakil Ketua DPD Nono Sampono dan Men­dagri, sedangkan pak Kapolri dan Panglima TNI batal ke Ambon,” kata Sekda Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gu­bernur Maluku, Selasa (21/7).

Kasrul menjelaskan, rombo­ngan Menkopolhukam akan tiba di Ambon sekitar pukul 10.30 WIT.

Baca Juga: Relawan MANIS Sumbang 40 Karton Sarimi

“Rombongan tiba di Ambon pada hari Kamis sekitar pukul 10.30 WIT, setelah melakukan kegiatan di Timika, Papua,” terangnya.

Kasrul menambahkan, kedata­ngan Menkopolhukam dan rombo­ngan untuk mengecek kesiapan pil­kada di empat kabupaten di Maluku. “Kedatangan pak menteri untuk me­lakukan pertemuan dengan empat kabupaten yang akan me­laksa­nakan pilkada di Maluku,” ujarnya.

Dua Hari

Seperti diberitakan, rombongan Menkopolhukam akan melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Ambon, Kamis (23/7) dan Jumat (24/7).

Kunjungan dilakukan untuk melihat kesiapan pemerintah daerah menghadapi pemilihan kepala daerah di empat kabupaten di tengah masa pandemi Covid-19.

“Jadi besok itu mereka punya tim datang, karena waktunya masih tentatif, namun intinya kunjungan kerja Menkopolhukam itu adalah pertemuan dengan Forkompimda Maluku dan Forkopimda yang me­nyeleng­garakan pilkada,” jelas Sekda Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Guber­nur Maluku, Senin (20/7).

Dijelaskan daerah yang akan menyelenggarakan pilkada tahun 2020 yakni Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru Selatan  dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

“Karena tahun 2020 penyeleng­ga­ran pilkada di tengah pandemi, jadi kunjungan kerja ini untuk me­lihat persiapan kita seperti apa, akan dilakukan video conference de­ngan empat daerah,” jelas Kasrul.

Agenda lainnya, setelah melaku­kan pertemuan, pada malam hari­nya, Menkopolhukam ber­sama rombongan akan melakukan perte­muan dengan tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Lokasinya ini sedang kita cari­kan untuk pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyara­kat. Kalau kapasitas 80 orang, lantai VII kantor gubernur tidak muat,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun Siwa­lima, selain Menkopolhukam, Wakil Ketua DPD, Nono Sampono, Mendagri, Tito Karnavian, Pang­lima TNI, Marsekal TNI, Hadi Tjah­janto, Kapolri Jenderal Idham Aziz ada rombongan lain yang datang ke Maluku.

Mereka yakni  Plt. Deputi I/Pol­da­gri, Mayjen TNI Purnomo Sidi, De­puti IV/Hanneg, Mayjen TNI Ru­dianto, Plt Deputi V/Kamtibmas, Brigjen Armed Wijaya, Karo Kum­sidhal, Lak­s­ma TNI Sidiq Musthofa, Koorspri Menkopolhukam, Brigjen TNI Jeffry A. Rahawarin, Staf Khu­sus Menko­pol­hukam, Imam Mar­sudi, Staf Khu­sus Menkopolhukam, Rizal Mustary.

Menkopolhukam rencananya tiba di Ambon dalam perjalanan dari Timika dengan menggunakan pesawat khusus milik TNI AU. (S-39)