AMBON, Siwalimanews –  Paparisa pintar (rumah pintar) Toisapu yang terletak di Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon kini mulai berjalan secara optimal.

Berjalannya rumah pintar ini didukung oleh Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pattimura Ambon. Pendampingan ini merupakan upaya PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua dalam tanggung jawab sosial perusahaan, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Penjabat DPPU Pattimura Wayame Markani mengatakan, Rumah Pintar Toisapu ini dibangun dengan menggunakan dana desa tahun anggaran 2017. Hanya saja penggunaan rumah pintar ini kurang optimal untuk kebutuhan masyarakat.

“Kami tetap mendukung apa yang dilakukan di rumah pintar dalam berbagai programnya, sambil terus melakukan pendampingan dalam operasional rumah pintar ini, agar penerapan kepada masyarakat lebih maksimal,” ujar Markani dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (4/11/).

Selain itu, pendampingan Pertamina pada rumah pintar ini difokuskan pada penguatan kapasitas pengurus, sehingga dapat berjalan lebih baik kedepannya.

Baca Juga: Pertamina Ajak Masyarakat Ubah Sampah Jadi Uang

“Dalam pendampingan ini, Pertamina juga bekerja sama dengan pemda dan Dinas Kearsipan dan Perpusatakan Provinsi Maluku, salah satunya mengajarkan sejak dini kepada siswa PAUD untuk sadar lingkungan,” ujarnya.

Dukungan pendampingan sebelumnya dilakukan DPPU Pattimura di Negeri Hattu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Malteng yang disinergikan dengan program bank sampah di daerah itu.

Unit Manager Communication, Relations dan CSR MOR VIII PT Pertamina, Edi Mangun menyebutkan, program CSR Pertamina lebih difokuskan pada literasi pendidikan.

Ini dikarenakan pendidikan merupakan salah faktor penting dan menjadi kebutuhan masyarakat di masa mendatang.

“Literasi pendidikan menjadi indikator penting dalam pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goalds (SDGs) yang sudah menjadi program utama pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu, Raja Negeri Laha yang diwakili oleh Rudi Mewar  mengaku, apa yang telah dilakukan pada rumah pintar ini merupakan salah satu visi dari Pemerintah Negeri Laha, agar daerahnya maju dalam segi pendidikan.

“Kami berharap dengan rumah pintar ini dapat mencetak generasi muda yang memiliki kualitas pendidikan terbaik. Terima kasih kepada Pertamina melalui program CSR dengan berikan bantuan dan dukungan dalam pengembangan di rumah pintar ini,” ucapnya.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maluku, Katerina Cortafina Huwae menuturkan dengan adanya rumah pintar di Laha, masyarakat setempat dapat memanfaatkan keberadaan rumah pintar.

“Jangan hanya ada sebuah gedung di dalamnya ada buku-buku, lalu pemanfaatanya tidak dilakukan secara optimal. Rumah pintar ini jangan dianggap untuk anak-anak saja, tetapi masyarakat secara umum dapat memanfaatkannya dengan baik,” tutupnya. (Cr-5)