AMBON, Siwalimanews – Dinas Pemadan Keba­karan dan Penyelamatan Kota Ambon merayakan peringatan HUT ke 102 melalui apel siaga yang dipimpin oleh Sekretaris Kota Ambon AG Latuheru yang berlangsung di lapangan apel Balai Kota Ambon, Senin (1/3).

Perayaan kali ini dirasahkan sederhana karena beradapada situasi pendemi Covid-19 yang sampai saat ini belum juga usai.

Sekretaris Kota Ambon dalam arahannya meminta kepada petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebagai implementasi dari harapan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavia meminta Damkar untuk lebih mengoptimalkan kinerja dalam melayani warga dimana saja berada,” tegas Latuheru.

Selain itu petugas pemadam kebakaran tidak perlu menunggu tetapi kita musti lagi proaktif berikan inovasi-inovasi baru.

Baca Juga: Rumah Warga Talaga Pange Ludes Dilalap Api

“Selain memberikan pela­yanan, petugas juga harus bisa membuat terobosan-terobosan baru atau inovasi dalam mela­yani masyarakat,” harapnya.

Sementara itu Plt  Kepala Dinas Pemadam Keba­karan dan Penyelamatan Kota Ambon Edwin Patti­kawa kepada wartawan mengaku aebagai satuan pemukul terdepan, Damkar harus betul-betul meng­hadirkan pelayanan yang terbaik kepada warga Masyarakat Kota Ambon kedepannya.

“Kita akan menyambut arahan pak Mendagri dengan memberikan lagi pelayanan yang lebih baik pada masyarakat di Kota ini,” janjinya.

Diakuinya dalam waktu dekat pihaknya akan segera menambah lagi satu lagi pos pemadam kebakaran baru di Kota Ambon.

Pembangunan pos damkar ini sendiri rencanya akan dilakukan di Kecamatan Teluk Ambon.

“Kehadiran pos damkar ini sendiri bertujuan lebih dekat dengan masyarakat dan lebih mudah membantu penyelesaian yang berkaitan dengan masalah kebakaran,” tegasnya.

Ketika disinggung terkait dengan kesiapan armada, dirinya mengungkapkan sampai dengan saat ini memang tercukupi.

Dinas pemadam kebakaran sendiri telah memiliki 16  buah armada, yang terdiri atas mobil pemadam, angkutan pembantu dan juga mobil Ambulance.

“Tahun ini juga kita berupaya untuk rekondisi lagi kendaraan yang kita miliki. Kondisi mobil lama ditingkatkan lagi kemampuannya supaya lebih maksimal, dalam melaksanakan kerja di lapangan,” tandasnya (S-52)