AMBON, Siwalimanews – Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III) Letjen TNI I Nyoman Cantiasa beserta rombongan, melakukan kunjungan kerja perdana ke Kodam Pattimura, Rabu (11/5).

Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon yang diwakili oleh Kasdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Stepanus Mahury menjemput kedatangan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III) , Letjen TNI I Nyoman Cantiasa beserta rombongan yang tiba pagi di Bandara Internasional Pattimura Ambon.

Setibanya di Ambon, Pangkogabwilhan III diagendakan melawat ke Makodam XVI/ Pattimura dan memberikan pengarahan kepada para Komandan Satuan.

Pangkogabwilhan III dalam sambutannya meminta, agar penyelesaian konflik haruslah  kedepankan pendekatan sosial historis, tuntas dan komprehensif.

Sementara itu, disela-sela pengarahannya kepada para PJU Kodam, Pangkogabwilhan III, sempat mengenang masa- masa ketika bertugas dalam pengamanan konflik Ambon.

Baca Juga: Kodam-Unpatti Lahirkan OJT Perikanan bagi Mahasiswa

Ia berharap para prajurit yang melaksanakan satgas baik tugas- tugas Kodim maupun Koramil agar dapat membantu kesulitan rakyat, melakukan pedekatan teritorial, komunikasi sosial dan bersinergi dengan Polri.

“Untuk penyelesaian konflik di wilayah Maluku dan Maluku Utara haruslah dengan proses alamiah, tak hanya melalui pendekatan kepada masyarakatnya tetapi juga melakukan pendekatan historis. Secara kultur, kita juga harus  dapat memahaminya” katanya.

Kemudian Pangkogabwilhan III juga menyampaikan agar konflik dapat diselesaikan secara komprehensif dengan tuntas, agar kedepannya tidak ada konflik- konflik yang semakin meluas.

Menyambut kedatangan Pangkogabwilhan III, Kasdam dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan menyampaikan pemaparan  mengenai wilayah Kodam XVI/ Pattimura.

Tak hanya gambaran kondisi kewilayahan, Kasdam juga menyampaikan pemaparan tentang situasi keamanan Maluku dan Maluku Utara.

“Secara umum situasi wilayah Maluku dan Maluku Utara cukup aman dan kondusif, meskipun beberapa waktu lalu terjadi gesekan antar warga di Pulau Haruku. Namun keberadaan satuan tugas organik bekerjasama dengan seluruh komponen bangsa dan kesadaran masyarakat            untuk terus memelihara perdamaian dan persaudaraan, sehingga gesekan tersebut dapat dilokalisir dan diredakan agar tidak meluas,” kata Kasdam.

Selesai memberikan pengarahan, Pangkogabwilhan III dan rombongan kemudian beramah tamah di Lobby Makodam. (S-09)