AMBON, Siwalimanews – Memeriahkan hari ulang tahun XXIII, Kodam XVI Pattimura berencana memecahkan rekor MURI dengan mengelar acara makan papeda dengan peserta sebanyak 12 ribu orang.

Kegiatan yang bertajuk Papeda Merah Putih ini akan digelar diatas Jembatan Merah Putih pada Senin (16/5), dimana peserta akan menyantap papeda terbanyak secara hybrid dan kategori sajian rangkaian papeda bungkus terpanjang.

“Mengapa Papeda Merah Putih? Papeda merupakan makanan khas masyarakat Maluku yang terbuat dari sagu, sedangkan Merah Putih adalah merupakan nama jembatan yang jadi icon atau ciri khas Kota Ambon,” kata Pendam Pattimura dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Kamis (12/5).

Menurutnya papeda juga sebagai makanan kearifan lokal yang mengandung unsur perekat, maka dengan dipilihnya papeda, maka sekaligus juga menaruh harapan besar agar Kodam XVI Patimura senantiasa hadir sebagai perekat semua komponen bangsa khususnya di tanah Maluku.

Rencananya pemecahan rekor MURI diatas JMP nantinya untuk kategori menyantap papeda terbanyak secara hybrid dan kategori sajian rangkaian papeda bungkus terpanjang yang akan diikuti sebanyak 12 ribu orang diseluruh jajaran Kodam XVI Pattimura.

Baca Juga: Kepala Daerah Didesak Tuntaskan Hutang Pihak Ketiga

“Tak hanya itu, panjang papeda yang akan dipecahkan mencapai 123 meter yang bermakna, angka 1, bahwa Kodam XVI Pattimura sebagai pelindung dan perekat bangsa, sedangkan angka 23 merupakan usia pengabdian Kodam XVI Pattimura,” ucap pengdam.

Acara ini nantinya, akan menutup sementara ruas jalan yang berada di atas JMP selama pelaksanaan kegiatan ini pada, Senin (16/5) mendatang.

Donor Darah

Selain memecahkan rekor MURI, dalam memeriahkan HUT juga dilakukan kegiatan bakti sosial berupa donor darah.

Donor darah digelar untuk prajurit Kodam XVI/Pattimura dan anggota Persit KCK PD XVI/Pattimura yang berlangsung di Rumah Sakit Tentara (RST) TK II dr. J.A Latumeten, Kamis (12/5).

Kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian kegiatan  peringatan HUT ke-23 Kodam XVI/Pattimura tahun 2022.

Terpantau, selama pelaksanaan kegiatan yang mengusung tema “Dua Puluh Tiga Tahun Pengabdian dari 100 kantong yang disediakan PMI, diperoleh kurang lebih 150 kantong darah dalam kegiatan ini.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon diwakili Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Stepanus Mahury didampingi Wakil Ketua Persit KCK Daerah XVI/Pattimura, meninjau langsung pelaksanaan kegiatan donor darah tersebut, sekaligus turut mendonorkan darahnya. Sehingga memotivasi dan menambah semangat  bagi pendonor darah yang lain. Turut hadir, Irdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Muhamad Muchidin beserta ibu dan sejumlah PJU Kodam XVI/Pattimura. (S-09)