AMBON, Siwalimanews –  Pemerintah Provinsi Maluku menggelar upacara dan renungan suci memperingati Hari Pattimura ke-204 tahun ini, yang dipsuatkan di Pattimura Park, Sabtu (15/5).

Bertindak selaku Upulatu atau inspektur upacara Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin, sementara Kapitan upacara dipercayakan kepada Pabandya Jemen Srendam, Letkol Inf Rudolf G Paulus.

Upacara dan renuangan suci memp[eringati hari pahlawan Pattimura ini berlangsung dibawa sorotan tema Dengan Semangat Pattimura Kita Ciptakan SDM Unggul, Kreatif, Mandiri dan Berprestasi Dalam Memerangi Penyebaran Covid-19 di Provinsi Maluku,  tersebut diikuti oleh Forkopimda Maluku, para pimpinan OPD, perwakilan ASN, TNI dan Polri, para latupati, lurah dan kades se-Kota Ambon.

Upacara yang diawali dengan menyanyikan lagu Mars Pattimura, serta pembacaan sejarah perjuangan Kapitan Pattimura dan diakhiri dengan peletakan karangan bunga di depan monumen Pattimura.

Baca Juga: Granat Minta KY Evaluasi Putusan Willem

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Pangdam menjelaskan, walaupun ditengah masa pandemi Covid-19 dan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, peringatan ini, seyogyanya tidak mengurangi esensi peringatan bersejarah.

“Sepatutnya semangat perjuangan dan kepahlawanan Kapitan Pattimura harus diteladani, disosialisasikan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa, demi membangun Maluku,” ungkap gubernur.

Gubernur juga minta agar, para generasi mudah harus memegang teguh janji Kapitan Pattimura, bahwa Pattimura tua akan mati, namun akan tumbuh 1000 Pattimura muda yang akan melanjutkan perjuangan.

Pada kesempatan itu, Pangdam selaku upulatu upacara juga mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk bersama-sama memajukan daerah ini, dengan tetap berpedoman pada nilai Siwalima dan  semangat Lawamena Haulala, potong di kuku rasa di daging, Ain ni Ain, satu untuk semua dan semua untuk satu. (S-51)