AMBON, Siwalimanews – Komisi III DPRD Maluku akan mendorong pembangunan akses jalan khususnya di kawasan pegunungan di Kabupaten SBB yang hingga saat ini belum terakomodir dengan baik .

“Kemarin sudah kita dorong lewat dana SMI cukup besar bagi SBB, tetapi kita tahu bersama banyak infrastruktur khususnya akses jalan menuju beberapa kampung yang ada di pegunungan sangat sulit terakses, makanya kita dorong untuk segera dibangun,” ungkap Wakil Ketua Komisi III DPRD Maluku Hatta Hehanusa, kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Karang Panjang Ambon, Kamis(22/4).

Menurutnya, komisi telah menyampaikan aspirasi ini juga di Jakarta. Ini dilakukan untuk mendorong Pemda SBB agar terus melakukan tahapan perencanaan, mulai dari musrenbang kecamatan, kabupaten, bahkan musrenbang provinsi, terkait infrastruktur khususnya pembangunan jalan di daerah pegunungan agar dibuka aksesnya.

“intinya harus segera dibangun akses jalan, minimal ada kendaraan untuk akses jalan itu, karena kita tidak ingin lagi bermunculan orang sakit dibawa dengan tandu, orang meninggal dipikul kita prihatin, orang harus turun dengan rakit. Kejadian ini ksudah terjadi terus menerus, sehingga tidak bisa lihat seperti ini,” ujarnya.

Untuk itu kata Hehanussa, komisi akan terus bekordinasi dengan pihak Pemda SBB dalam hal ini Dins PU untuk mendorong berbagai infrastruktur yang belum terlaksana di kabupaten SBB.

Baca Juga: Brigjen Samuel Petrus Hehakaya Resmi Jabat Kasdam Pattimura

Disinggung soal berapa dana SMI yang diterima SBB Hehanussa mengaku kurang lebih Rp 100 miliar yang diperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur baik itu, jalan, talud, irigasi dan drainase serta program-program lainnya. (S-51)