AMBON, Siwalimanews – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak melakukan kunjungan kerja di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Senin (5/2).

Dalam kunjungannya, Kasad yang datang bersama Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Uli Simanjuntak dan sejumlah staff tersebut, didampingi Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial.

Kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Darat akan dilaksanakan selama dua hari dengan agenda utama yaitu launching TNI AD Manunggal Air di Desa Tapeleo, Batu Dua, Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah.

Tiba di Ternate, rombongan Kasad disambit dengan Tarian Soya Soya dan Pengalungan Selendang serta pemberian hand bouquet. Mengawali kunjungan, Kasad beserta rombongan berkesempatan mengunjungi Kedaton Kesultanan Ternate, dilanjutkan Penganugerahan Gelar Kesultanan Ternate kepada Kasad oleh Sultan Ternate Ke-49, Hidayat M Syah.

Adapun gelar yang diterima Kasad yakni ” Kapita Ahi Besi Malamo” yang bermakna Panglima Ahi Besi Angkatan Darat Besar.

Baca Juga: Pemkot Ambon Loloskan Pegawai Kontrak Maju Caleg

“Harapannya dengan gelar ini bapak Kasad dengan jabatan adat selaku Kapita Ahi Besi Malamo dapat menjadi pemimpin yang besar dengan karakter yang sangat kuat, sehinga dapat mangawal dan menjaga bangsa ini,” jelas Pangdam dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (6/2).

Sebelum menerima gelar adat, terlebih dahulu diadakan Tradisi Joko Kaha. Tradisi ini merupakan bentuk penghormatan kepada tamu yang datang ke Ternate, terutama pemimpin-pemimpin negara atau kerajaan.

Usai prosesi penganugerahan gelar Kesultanan Ternate, Pangdam mendampingi Kasad beserta rombongan mengunjungi salah satu tempat ikonik bersejarah yang ada di Ternate yaitu Benteng Oranje. Benteng yang didirikan pada 26 Mei 1607, merupakan bekas markas VOC yang pertama kali ada di Indonesia (Hindia Belanda pada masa itu sebelum pindah ke Batavia).

Benteng tersebut untuk memperkuat jalur perdagangan rempah serta memperluas kekuasaan kolonialisme eropa terutama bangsa Belanda.

Selama mendampingi Kasad, Pangdam mengaku merasa bangga dan bersyukur mendapat kunjungan kehormatan Kasad dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana. Dari tingginya sinergitas dan soliditas yang ditunjukkan prajuritnya, Pangdam berharap, hal tersebut dapat memberikan keyakinan kepada Kasad bahwa Prajurit Kodam XVI Pattimura sangat solid, kompak dan memiliki jiwa-jiwa petarung.

“Kami Prajurit Kodam XVI Pattimura siap mendukung kepemimpinan Kasad dan selalu siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Pangdam.(S-10)