AMBON, Siwalimanews – Untuk menekan laju penyebaran Covid-19, maka Polda Maluku membagikan 270 ribu masker kepada masyarakat.

Pembagian masker sekaligus kampanye jaga jarak dan hindari kerumunan dilakukan dalam rangka operasi yustisi penggunaan masker dan pilkada serentak 2020 yang aman damai dan sehat dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Operasi ini ditandai dengan pelepasan rombongan Babinkamtibmas dan Babinsa secara simbolis, dalam rangka pembagian masker oleh Gubernur Maluku Murad Ismail didampingi Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar dan Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman, di depan tribun Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (10/9).

Kapolda Maluku, Irjen Baharudin Djafar, dalam sambutannya usai melepas rombongan Bhabinkambtimas  dan Babinsa mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19 di Maluku, khususnya Kota Ambon dan Malteng yang kasusnya terus alami peningkatan.

“Khusus untuk Maluku ada 270 ribu masker yang akan kita bagikan, hal ini sebagai bentuk sosialisasi serta menggalakan himbauan Presiden “ayo pakai masker” untuk menekan penyebaran Covid,” ujar Kapolda.

Baca Juga: BI Kembali Salurkan Sembako ke Masyarakat

Kedisplinan memggunakn masker kata Kapolda, perlu disosialisasikan, karena masih banyak ketidaksadaran masyarakat yang melakukan kegiatan menyalahi porotokol kesehatan, sehingga berpotensi terciptanya klaster baru.

Gubernur Maluku Murad Ismail pada kesmepatan itu mengatakan, kenaikan jumlah kasus covid-19 di Maluku, merupakan peringatan agar masyarakat dapat meningkatkan kesigapan diri melawan ancaman virus tersebut.

“Protokol kesehatan merupakan gaya hidup baru yang harus di terapkan, pemakaian masker juga merupakan keharusan untuk menjaga diri dari covid,”tandasnya.

Menurutnya, penanganan Covid patut dimulai dari tahap pencegahan, untuk itu Dirinya mengapresiasi kegiatan pembagian masker serentak dalam operasi yustisi yang di gagas Polri, dalam upaya menekan tingkat penyebaran covid-19 di Indonesia terkhusus di Maluku.(S-45)