DOBO, Siwalimanews – Sebanyak 104 orang peserta mengikuti kompetensi bidang (SKB) CPNS Kabupaten Kepulauan Aru, yang berlangsung di lantai satu Gedung C Kantor Bupati, Rabu (9/9).

104 CPNS yang mengikuti SKB ini merupakan peserta CPNS yang dinyatakan lolos pada tes seleksi kompetensi dasar (SKD),  pada Januari  lalu.

Ketua Panitia Seleksi CPNS tahun 2019 yang juga menjabat Sekda Aru, Moh Jumpa ketika dikonfirmasi, Rabu (9/9) diruangkan kerjanya mengatakan, dari 104 yang ikut tes SKB hari ini semuanya hadir.

Ia menjelaskan, passing great untuk SKB ini lebih besar, dimana hitungannya 60 persen sementara SKD 40 persen.

“Hasil dari SKD dan SKB akan dijumlahkan baru kemudian dibagi dua dan dari hasil tersebut baru kita ketahui siapa yang lolos,” jelasnya.

Baca Juga: Operasi Yustisi, Polda Maluku bagi 270 Ribu Masker

Sementara, terkait dengan Sekretaris PKB Kabupaten Kepulauan Aru, Mesak Labok yang lolos dalam seleksi SKB ini, kata Jumpa, akan mengurkan diri dari jabatannya.

“Tidak masalah, karena sesuai aturan ketika dinyatakan lolos sebagai CPNS dan kemudian pemberkasan, maka yang bersangkutan harus menyam­paikan surat pengunduran diri dari jabatan Sekretaris PKB Aru dan dimasukan dalam pemberkasan tersebut,” ujarnya.

Apabila dalam pemberkasan dirinya tidak melampirkan surat pengunduran diri dari jabatan maupun keanggotaan dalam partai politik, tegas Jumpa, maka berdasarkan aturan, dirinya dinyatakan gugur.

Sementara itu, terkait dengan jatah  kuota Kabupaten Kepulauan Aru sebanyak 85 orang, lanjut Jumpat, bila dalam proses akhir pengumuman hasil dan ternyata lebih kecil atau dibawah kuota, maka kuota yang tidak terisi atau kosong akan diusulkan pada formasi di tahun berikutnya. “Jika tidak lolos dalam formasi yang dimintakan, maka formasi tersebut tetap kosong, dan formasi tersebut akan diusulkan kembali dalam seleksi CPNS tahun berikutnya,” terang Jumpa. (S-25)