TIAKUR, Siwalimanews – Ratusan warga telah mendaftarkan diri untuk mengikuti bakti sosial berupa pemeriksaan mata, operasi katarak sampai dengan pemberian kacamata gratis.

Baksos ini sendiri digelar oleh PMI, International Committee of the Red Cross (ICRC), Klinik Mata Utama Maluku dan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya.

Penjabat Sekda MBD Daud Reimialy dalam rilis yang diterima Siwalima kemarin membenarkan kalau pemkab sudah menerima tim dari PMI yang akan melaksanakan baksos.

“Sesuai rencana mereka, baksos akan digelar di Kota Tiakur pada 1-3 November mendatang,” terang sekda.

Menurutnya pemkab memberikan dukungan dan siap membantu pelaksanaan baksos berupa pemeriksaan mata, operasi katarak, operasi pterigium dan pembagian kacamata baca secara gratis.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Suli, Pegawai Kejari SBB Tewas

“Pelayanan kesehatan seperti ini merupakan kegiatan positif dan wajib didukung karena akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi menyasar masyarakat dengan keluhan sakit mata,” ujarnya.

Kegiatan yang akan digelar oleh PMI ini sendiri merupakan yang pertama kali dilakukan.

“Ini baru pertama kali dilaksanakan di Kota Tiakur,” ungkapnya.

Untuk itu, kegiatan ini perlu disampaikan ke seluruh masyarakat agar warganya dapat mendaftarkan diri.

Ia berharap, rencana baksos ini dapat terlaksana dengan baik dan banyak masyarakat  yang terlayani.

Sementara itu, Ketua PMI MBD, Rommi I. Rumambi mengaku baksos kali ini akan menyertakan banyak tenaga dokter termasuk spesial mata.

“Dokter spesialis mata dan tenaga medis lainnya berjumlah 12 orang,” katanya.

Pelaksanaan baksos akan dipusatkan di RSUD tiakur baik itu pemeriksaan mata umum, operasi katarak, operasi pterigium dan pembagian kacamata baca secara gratis sesuai hasil pemeriksaan dan rekomendasi dokter.

“Sesuai dengan data yang diterima, lebih dari 400 orang yang telah mendaftarkan dengan keluhan paling banyak yakni rabun, mata berair hingga katarak dan pterigium,” jelasnya.

Pendaftaran akan terus dibuka hingga nanti ditutup pada 30 Oktober mendatang.

Kepada pemkab MBD ia juga menyampaikan terima kasih termasuk pihak RSUD yang telah menerima dan merespon rencana kegiatan ini dan siap membantu dan mendukung.

Ia berharap masyarakat MBD dapat menggunakan kesempatan ini dengan baik.

“Kehadiran kami di MBD dapat memberikan manfaat bagi semua orang,” tandasnya. (S-09)